Pengumuman
 Saksikan Celebrity on Vacation di Trans TV tanggal 30 Agustus 2014 Pukul 08.00 WIB bersama narasumber 1. Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc (Dirjen Penataan Ruang), 2. Ali Yusuf, S.Pt (Walikota Sawahlunto, Sumatera Barat), 3. Dr. H. Burhan Abdurahman, SH. MM (Ketua JKPI) dengan tema Kota Pusaka, Langkah Indonesia Membuka Mata Dunia                         Pengumuman Pemenang Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Download Buku Panduan Pelatihan Pelopor Madya Penataan Ruang Tahun 2014                         Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 

 4 Pebruari 2013 | www.poskotanews.com

Tata Ruang Jabodetabekjur Mendesak Dibenahi

JAKARTA (Pos Kota)-Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Basoeki Hadimuljoeno mengungkapkan, guna mengurangi bencana yang akhir-akhir ini terjadi seperti banjir, tanah longsor dan sebagainya perlu diwujudkan tata ruang yang tanggap bencana.

“Kita harus mengakui penataan ruang khususnya di Jabodetabekjur dan sekitarnya sudah banyak dilanggar. Akibatnya wilayah ini seringkali terjadi bencana ,” katanya usai menyaksikan sertijab pejabat Eselon II dan III dilingkungan Ditjen Penataan Ruang, kemarin.

Kedepan penting mewujudkan penataan ruang yang tanggap terhadap bencana alam. Dengan bencana-bencana yang sering terjadi akhir-akhir ini perlu ditetapkan jalur-jalur penataan ruang sebagai pengarah (guidance) pembangunan.

Contohnya,banjir di DKI Jakarta yang membawa kerugian demikian besar ternyata tidak lepas dari rusaknya daerah aliran Sungai Ciliwung serta tata guna lahan di kawasan sekitar Puncak dan Jakarta sendiri. Daerah resapan air nyaris telah habis berubah menjadi permukaan beton.

Banyak bangunan yang koefisien dasar bangunannya telah terpenuhi tetapi koefisien dasar hijaunya (KDH)-nya telah dilanggar. Halaman bangunan yang seharusnya untuk resapan air juga telah tertutup beton.

Namun sebelum semua itu dilakukan dia selaku Dirjen Penataan Ruang yang baru mengajak seluruh rekan-rekannya di Ditjen Penataan ruang untuk bersama menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Lingkungan kerja yang nyaman sangat penting agar bisa bekerja sama dengan baik.

“Sebelum kita menata wilayah menjadi lebih baik tentu perlu dimulai dari lingkungan kerja dulu,” katanya.


Sumber : http://www.poskotanews.com/2013/02/04/tata-ruang-jabodetabekjur-mendesak-dibenahi/


  BERITA DARI MEDIA
25/8/2014 | http://property.okezone.com/
Sawahlunto Dinobatkan Menjadi Kota Pusaka oleh KemenPU
27/8/2014 | http://www.sapos.co.id
Penataan Pulau Derawan Harus Diatur
25/8/2014 | http://jakarta.bisnis.com/
Tata Ruang & Infrastruktur Jadi Kendala Investasi di Bekasi
11/8/2014 | http://merantionline.com
Pengesahan RTRW Riau Sinyal Bagus Bagi Pansus RTRW Meranti
11/8/2014 | http://www.republika.co.id/
Gubernur Sebut Tata Ruang Kepri Ancam Investasi

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611