Pengumuman
 Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                         Download Cover Kegiatan 2013                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 

 30 Maret 2012 | www.poskotanews.com

Kopassus dan Pemprov DKI Sepakat Benahi Ciliwung

PASAR REBO (Pos Kota) – Komitmen mengembalikan fungsi Sungai Ciliwung sebagai air baku sekaligus menjadikannya sebagai kawasan eko wisata ditunjukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Komando Pasukan Khusus TNI (Kopassus) melalui program pembenahan Sungai Ciliwung.

Salah satu rangkaian aksinya adalah pembangunan tempat penampungan sampah terpadu (TPST) di lokasi Kopassus Cijantung, Jumat (30/3). Keberadaan TPST ini diharapkan dapat menghilangkan tumpukan sampah atau tempat penampungan sampah (TPS) liar serta terkendalinya limbah cair yang terbuang di sepanjang bantaran Sungai Ciliwung.

Itu pula yang menjadi target Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, dimana tahun 2017 nanti bantaran Sungai Ciliwung bebas dari TPS liar. “Kami targetkan pada tahun 2017 mendatang, tidak ditemukan lagi TPS liar di sepanjang bantaran Kali Ciliwung. Terutama mulai dari kawasan Depok hingga jembatan TB Simatupang, Pasar Rebo,” tukas gubernur saat peletakan batu pertama pembangunan TPST dan penanaman pohon bersama Danjen Kopassus Mayjen TNI Wisnu Bawatenaya, di Komplek Kopassus, Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, kemarin pagi.

“Kiranya pembangunan TPST dan penanaman pohon yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta dan jajaran Kopassus Cijantung ini dapat memicu keterlibatan stake holder lain untuk bersama-sama masyarakat melaksanakan program Pengelolaan Ciliwung menjadi program terpadu mengembalikan keindahan Ciliwung dan mewujudkannya menjadi salah satu sungai kebanggaan Kota Jakarta yang kita cintai dan banggakan ini,” tandas orang nomor satu di ibukota tersebut.

Kepala Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta, Eko Bharuna, mengatakan, demi mewujudkan target bantaran Sungai Ciliwung bebas dari TPS liar pada tahun 2017, pihaknya akan mencarikan lahan untuk pembuatan TPST. Untuk pembangunannya, akan dikaji kembali dengan melibatkan pihak terkait. “Kami optimis target tersebut tercapai. Namun sebelumnya, akan kaji dahulu bersama pihak terkait guna menyesuaikan kondisi tata ruang yang ada dan kesepakatan masyarakat sekitar,” terangnya.


Sumber : http://www.poskotanews.com/2012/03/30/kopassus-dan-pemprov-dki-sepakat-benahi-ciliwung/


  BERITA DARI MEDIA
14/4/2014 | http://www.indopos.co.id/
Harus Tunggu Rekomendasi Gubernur, Kadin Minta Pembangunan Diratakan
14/4/2014 | http://beritakotamakassar.com/
Dinas Tata Ruang akan Terapkan RTH ke Toko dan Mall
14/4/2014 | Lampung.tribunnews.com
Walhi Lampung Dukung Penertiban Bangunan Liar
10/4/2014 | http://beritakotamakassar.com/
DTRB Makassar Ajak Pengusaha Adakan RTH di Toko dan Mall
7/4/2014 | http://www.beritasatu.com
Pemerintah Janji Tegakkan Aturan Tata Ruang untuk Kurangi Bencana

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611