Pengumuman
 Saksikan Celebrity on Vacation di Trans TV tanggal 30 Agustus 2014 Pukul 08.00 WIB bersama narasumber 1. Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc (Dirjen Penataan Ruang), 2. Ali Yusuf, S.Pt (Walikota Sawahlunto, Sumatera Barat), 3. Dr. H. Burhan Abdurahman, SH. MM (Ketua JKPI) dengan tema Kota Pusaka, Langkah Indonesia Membuka Mata Dunia                         Pengumuman Pemenang Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Download Buku Panduan Pelatihan Pelopor Madya Penataan Ruang Tahun 2014                         Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 

 20 Desember 2011 | properti.kompas.com

Ruang Terbuka Hijau Jadi "Jualan" Proyek Properti

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran ruang terbuka hijau dalam hunian kini semakin disadari oleh pengembang sebagai nilai jual. Kebutuhan ruang terbuka hijau merupakan hal yang dicari masyarakat untuk menyeimbangkan gaya hidup di perkotaan nan padat.
RTH adalah unsur penting dalam konsep tata ruang. Harapan kami, ini dapat membantu mewujudkan target pemda DKI dalam menyediakan 30 persen RTH hingga tahun 2030.
-- Emil Arifin

"Sebagai bentuk kepedulian terhadap keberlanjutan lingkungan, pengembang telah dan terus mencoba menerapkan delapan kriteria green property, antara lain konsep planning and design, green open space, dan green transportation," kata pengamat properti hijau, Nirwono Joga, di Jakarta, Selasa (20/12/2011).

Direktur Utama PT Pardika Wisthi Sarana, Achmad Setiadi, mengungkapkan hal senada dengan Nirwono. Ia mengatakan, pihaknya serius melestarikan lingkungan di sekitar proyek apartemen pertamanya dengan memilih lanskap natural sebagai salah satu komponen utama Woodlandpark Residence.

"Kami akan tetap mempertahankan makhluk hidup yang sebelumnya ada di area tersebut," katanya.

Ia mengatakan, Woodlandpark Residence yang dikembangkan Daniland Group melalui PT Pardika Wisthi Sarana (PWS) akan dibangun di daerah Kalibata, Jakarta Selatan, di atas tanah seluas 3,15 hektar. Dari sisa area yang boleh dibangun seluas 2,3 hektar, 20 persennya untuk bangunan apartemen, sementara 80 persen untuk ruang terbuka hijau.

"Kami berharap unit-unit yang kami tawarkan benar-benar dibeli oleh orang yang membutuhkan hunian sehat dan hijau di bilangan Jakarta," ujar Komisaris Utama Daniland Group, Emil Arifin.

Salah satu wujud komitmen pengembang menciptakan hunian hijau, ditunjukkan dengan pemindahan sementara 14 pohon serta pemeliharaan 28 pohon lain yang telah puluhan tahun berada pada area tersebut.

"RTH adalah unsur penting dalam konsep tata ruang. Harapan kami, ini dapat membantu mewujudkan target pemda DKI dalam menyediakan 30 persen RTH hingga tahun 2030," ujar Emil.


Sumber : http://properti.kompas.com/read/2011/12/20/17004817/Ruang.Terbuka.Hijau.Jadi.Jualan.Proyek.Properti


  BERITA DARI MEDIA
21/9/2014 | http://lampung.tribunnews.com/
Akhirnya Perda RTRW Rampung, Lima Kecamatan akan Ditata
18/9/2014 | http://www.tribunnews.com
Jangan Mengeluh Banjir Jika Aturan Tata Ruang Terus Dilanggar
18/9/2014 | http://makassar.tribunnews.com
Penimbunan Laut Hambat Ranperda RTRW DPRD Makassar
13/9/2014 | http://manado.tribunnews.com
Sekda Bolsel Percepatan Raperda Tata Ruang
13/9/2014 | http://property.okezone.com
5 Tantangan Permasalahan Tata Ruang di Indonesia

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611