Pengumuman
 Download File Cover Laporan Kegiatan 2014 (Info Lengkap Hub. Perpustaakaan DJPR 021-7221336)                         Jajaran dan Staf Direktorat Jenderal Penataan Ruang mengucapkan selamat dan sangat bangga atas terpilihnya Bapak DR. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat periode 2014-2019.                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 

 13 Desember 2011 | regional.kompas.com

Tata Ruang Wilayah Diabaikan

Jambi, Kompas - Usulan pembukaan hutan tanaman industri seluas 32.680 hektar di Kabupaten Merangin dan Sarolangun, Provinsi Jambi, mengabaikan rencana tata ruang wilayah kabupaten dan provinsi yang akan disahkan akhir bulan ini. Menteri Kehutanan diminta tidak menerbitkan izin HTI.

”Kebijakan daerah pada kawasan ini sudah sangat jelas, sebagai areal konservasi, sehingga pemanfaatannya terbatas. Pembukaan HTI (hutan tanaman industri) akan sangat mengeksploitasi hutan,” kata Rudi Syaf, Manajer Komunikasi Komunitas Konservasi Indonesia Warsi, di Jambi, Senin (12/12).

Lokasi hutan di Kecamatan Cermin Nan Gedang dan Limun, Kabupaten Sarolangun, masuk dalam usulan areal Blok III HTI PT Hijau Arta Nusa. Kawasan ini bertopografi sangat curam dengan ekosistem yang relatif baik dan merupakan kawasan hulu sungai. Kini, pengajuan izin HTI masih dalam proses amdal.

Sesuai Ranperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Sarolangun 2010-2030, kawasan yang diusulkan itu berada di wilayah yang berfungsi sebagai hutan lindung, daerah tangkapan air yang melindungi kawasan di bawahnya. Sebagian besar kawasan ini berada di bagian barat Kecamatan Limun yang secara fisiografis memiliki kemiringan lereng di atas 40 persen. Kawasan hutan lindung ini masih alami yang baik untuk dipertahankan fungsi hutannya. Program Integrated Conservation and Development Program di Taman Nasional Kerinci Seblat dapat dijadikan alternatif program.

Dalam RTRW 2007, Sarolangun juga memperluas kawasan perbukitan sebagai kawasan terbatas dan fungsi lindung, serta membagi Sarolangun menjadi kawasan hulu, tengah, dan hilir.

Usulan HTI di kawasan ini menuai penolakan masyarakat 19 desa di empat kecamatan, Nalo Tantan, Tabir Ulu, Tabir Barat, dan Tabir. ”Kami menggelar musyawarah dan menolak rencana pembukaan HTI. Mayarakat sudah sadar bahwa HTI mengancam penghidupan warga dan kelestarian lingkungan,” ujar Ramdan, Kepala Desa Pulau Aro, Kecamatan Tabir Ulu, Merangin.

Sumur menyusut

Debit air sumur warga yang berdekatan dengan penambangan pasir besi di Desa Sukamenanti, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur, Bengkulu, menyusut. Diduga terkait dengan penambangan pasir di pantai itu.

Warga Desa Sukamenanti, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur, Rafii, Senin (12/12), mengatakan, penyusutan air dialami minimal 10 sumur. Hujan pada Minggu (11/12) malam juga tak bisa menaikkan permukaan air sumur. ”Kami tidak mengerti mengapa air di sumurnya menyusut. Padahal, selama ini, saat kemarau tiga bulan pun sumur warga jarang yang berkurang airnya,” ungkap Rafii yang air sumurnya pun susut 30 sentimeter. (ITA/ADH)


Sumber : http://regional.kompas.com/read/2011/12/13/04182467/Tata.Ruang.Wilayah.Diabaikan


  BERITA DARI MEDIA
15/12/2014 | http://jakarta.bisnis.com/
Ruang Terbuka Hijau: DKI Targetkan Tambah 50 Ha
15/12/2014 | http://nasional.republika.co.id
Cegah Macet, Tata Ulang Ruang Jakarta Diperlukan
7/12/2014 | http://nasional.kontan.co.id/
BNPP geber 9 Perpres Tata Ruang Kawasan Perbatasan
6/12/2014 | http://www.rri.co.id/post/
Tata Ruang Kabupaten Banyuwangi Terbaik se Indonesia
27/11/2014 | http://news.okezone.com/
Pemprov DKI Kesulitan Tambah Ruang Hijau

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2014
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2014 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611, Email : datinpr@pu.go.id