Pengumuman
 Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                         Download Cover Kegiatan 2013                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 

 9 Desember 2011 | www.poskota.co.id

Pemkab Bogor Plintat-Plintut Tertibkan Bangunan di Puncak

Sikap plintat-plintut ditunjukan Pemkab Bogor dalam mengurangi bangunan dan vila di kawasan Puncak. Berulangkali ditegaskan pemkab tidak lagi mengeluarkan IMB sejak 2007 di kawasan konservasi tersebut. Kenyataannya sebuah hotel berbintang tiga di kawasan Puncak malah kini dalam proses pembangunan.
“Izin hotel itu sudah lama dikeluarkan sebelum 2007, tapi proses pembangunan baru sekarang dilakukan,” ujar seorang staf Badan Perizinan Terpadu (BPT) Kabupaten Bogor, Kamis. Namun dia tak bisa menunjukkan bukti izin yang diberikan BPT tersebut. Sedangkan Kepala BPT Sarfiah Sofiah menolak menemui Pos Kota dengan alasan sibuk.
Diberitakan sebelumnya, pembaguan hotel di kawasan Puncak, Bogor Kampung Cipari Hamkam, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua diprotes warga lantaran mencemari sumur. Diduga kuat pula izin pembangunan hotel ini liar. Pasalnya, pemkab sudah menegaskan sejak 2007 tidak ada lagi IMB di kawasan Puncak.
Sedangkan Dinas Tata Bangunan dan Pemukiman (DTBP) Kabupaten Bogor berjanji akan segera melakukan pembongkaran hotel, vila, dan bangunan liar di kawasan Puncak. Tapi, masih butuh waktu untuk mendata jumlah vila dan bangunan liar. “Kita masih menunggu kevalidan data yang sudah ada untuk kemudian dirapatkan lagi,” elak Kadis DTBP, Yani Hassan.
Disadarinya, polemik bangunan liar di kawasan konservasi itu telah ada sejak lama. Terlebih, lokasi ini menjadi incaran favorit untuk dijadikan vila. “Mungkin pembongkaran di tahun depan,” ujarnya.
Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Achmad Tohawi, mendesak pemkab harus tegas. “Bangunan liar merugikan pemkab maupun warga sekitar, harus segera dibongkar. Jangan plintat-plintut,” ujarnya seraya menyebutkan dinas dan UPT jangan banyak alasan, jika tak mampu bupati segera lakukan evaluasi kinerja.
Reaksi senada dikatakan Direktur Institut Hijau Indonesia, Slamet Daroyni. Katanya, bangunan liar terjadi karena lemahnya pengawasan tata ruang. “Pemkab belum memiliki konsep yang jelas mengenai pengelolaan lahan, sehingga menjadi celah terjadinya pelanggaran,” ujarnya.
Ia menegaskan, pembongkaran mutlak harus dilakukan. Pemkab dapat mengacu Pepres No. 54 Tahun 2008 tentang Penataan Ruang Kawasan Jabodetabekpunjur sebagai Kawasan Strategis Nasional. Di mana disebutkan diperlukan perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruang, dan pengendalian pemanfaatan ruang secara terpadu sebagai alat koordinasi pelaksanaan pembangunan lintas wilayah.

(iwan/sir)


Sumber : http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/12/09/pemkab-bogor-plintat-plintut-tertibkan-bangunan-di-puncak


  BERITA DARI MEDIA
21/4/2014 | http://www.republika.co.id/
Kementerian PU Siapkan Rp 1,5 Miliar Per Hektare untuk RTH
14/4/2014 | http://www.indopos.co.id/
Harus Tunggu Rekomendasi Gubernur, Kadin Minta Pembangunan Diratakan
14/4/2014 | http://beritakotamakassar.com/
Dinas Tata Ruang akan Terapkan RTH ke Toko dan Mall
14/4/2014 | Lampung.tribunnews.com
Walhi Lampung Dukung Penertiban Bangunan Liar
10/4/2014 | http://beritakotamakassar.com/
DTRB Makassar Ajak Pengusaha Adakan RTH di Toko dan Mall

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611