Pengumuman
 Pengumuman Pemenang Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Download Buku Panduan Pelatihan Pelopor Madya Penataan Ruang Tahun 2014                         Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 25 Juni 2013 | Sekretariat

Pemerintah Susun RPI2JM Untuk Dukung Pembangunan Terpadu dan Berkelanjutan

Rencana Terpadu dan Program Investasi Infrastruktur Jangka Menengah (RPI2JM) merupakan dokumen yang mengintegrasikan kebijakan spasial dan kebijakan sektoral. Berfungsi sebagai rencana pembangunan infrastruktur, baik pada wilayah strategis nasional, provinsi, dan kabupaten/kota, termasuk pada Kawasan Strategis Provinsi/Kabupaten/Kota dan wilayah Pulau/Kepulauan. Demikian sambutan Direktur Jenderal Penataan Ruang yang disampaikan oleh Direktur Penataan Ruang Wilayah Nasional, Iman Soedradjad, pada acara pembukaan Diklat Teknis Penyusunan RPI2JM pada Senin (24/6) di Werdhapura, Sanur.

“Pada tahun 2012 Pemerintah telah menyelesaikan penyusunan RPI2JM untuk Kawasan Strategis Nasional (KSN) Jabodetabekpunjur, Sarbagita, Mamminasata, dan Mebidangro”, ungkap Iman. Di samping itu, saat ini pemerintah tengah berupaya menyelesaikan 6 (enam) dokumen RPI2JM. “Empat dokumen RPI2JM untuk Rencana Tata Ruang (RTR) Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi, serta 2 (dua) dokumen RPI2JM untuk RTR KSN Perkotaan Cekungan Bandung dan RTR KSN Gerbangkertosusilo”, tambah Iman.

Taufan Madiasworo, Kepala Balai Informasi Penataan Ruang (BIPR) selaku ketua penyelenggara Diklat Teknis Penyusunan RPI2JM menyampaikan bahwa latar belakang penyelenggaraan diklat ini adalah kondisi dimana keterpaduan pembangunan infrastruktur di Indonesia saat ini mengalami berbagai permasalahan, diantaranya belum fokusnya sasaran kewilayahan yang akan didorong serta belum sinergisnya program pembangunan infrastruktur. “Oleh karena itu diperlukan penyiapan program infrastruktur yang berbasis pada penataan ruang untuk mewujudkan tercapainya pembangunan berkelanjutan, baik secara lingkungan, sosial, dan ekonomi”, tutur Taufan.

Diklat Teknis Penyusunan RPI2JM ini diselenggarakan selama lima hari, yaitu pada 24-28 Juni 2013 di Werdhapura, dan merupakan salah satu dari rangkaian sembilan diklat bidang penataan ruang yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Penataan Ruang melalui BIPR, sebagai bentuk komitmen Direktorat Jenderal Penataan Ruang dalam peningkatan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia yang terkait dengan bidang penataan ruang. Penyelenggaraan diklat ini sekaligus merupakan upaya yang dilakukan oleh BIPR untuk mewujudkan visinya sebagai Planning Resource Center di Indonesia dan menjalankan perannya sebagai Pusat Pelatihan Bidang Penataan Ruang, selain peran yang diemban sebagai Pusat Informasi dan Pusat Kajian Bidang Penataan Ruang yang di dukung oleh Werdhapura.

Acara pembukaan Diklat Teknis Penyusunan RPI2JM ini dihadiri oleh Direktur Penataan Ruang Wilayah Nasional, Kepala Bidang Teknik dan Materi Pusdiklat Kementerian Pekerjaan Umum, yang merangkap Plt. Kepala Balai Diklat PU Wilayah IV Surabaya, Kepala BIPR, para narasumber dan widyaiswara, serta segenap peserta diklat. (ap-bipr).


Sumber : admintaru_250613


  BERITA DARI MEDIA
27/8/2014 | http://www.sapos.co.id
Penataan Pulau Derawan Harus Diatur
25/8/2014 | http://jakarta.bisnis.com/
Tata Ruang & Infrastruktur Jadi Kendala Investasi di Bekasi
11/8/2014 | http://merantionline.com
Pengesahan RTRW Riau Sinyal Bagus Bagi Pansus RTRW Meranti
11/8/2014 | http://www.republika.co.id/
Gubernur Sebut Tata Ruang Kepri Ancam Investasi
11/8/2014 | http://beritakotamakassar.com/i
Pemkot Harus Peka dengan Perkembangan Kota

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611