Pengumuman
 Saksikan Celebrity on Vacation di Trans TV tanggal 30 Agustus 2014 Pukul 08.00 WIB bersama narasumber 1. Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc (Dirjen Penataan Ruang), 2. Ali Yusuf, S.Pt (Walikota Sawahlunto, Sumatera Barat), 3. Dr. H. Burhan Abdurahman, SH. MM (Ketua JKPI) dengan tema Kota Pusaka, Langkah Indonesia Membuka Mata Dunia                         Pengumuman Pemenang Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Download Buku Panduan Pelatihan Pelopor Madya Penataan Ruang Tahun 2014                         Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 27 Mei 2013 | Wilayah I

P2KPB untuk mendukung surplus 10 juta ton beras

Program pembangunan kawasan perdesaan berkelanjutan (P2KPB) diarahkan untuk mewujudkan ketahanan pangan, memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, mengembangkan modal sosial dengan mengembangkan masyarakat, serta menjaga keseimbangan perkembangan perkotaan –perdesaan berbasis Rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten.

Saat ini terdapat tuntutan yang mendesak untuk menjamin terwujudnya Lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B) sesuai tuntutan Rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2010-2014 serta adanya direktive presiden. Tahun 2014 Indonesia diharapkan mampu surplus beras 10 juta ton, jika hanya diserahkan kepada Kementerian Pertanian tanpa usaha yang keras dari kita semua hal ini tidak akan terwujud. Demikian diungkapkan Direktur Pembinaan Penataan Ruang Daerah Wilayah I Kementerian Pekerjaan Umum Lina Marlia dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan P2KPB 2013 di Jakarta (23/5).

Rapat koordinasi ini diselenggarakan sebagai tahapan pelaksanaan rangkaian kegiatan P2KPB yang saat ini memasuki tahun kedua dalam road map P2KPB. Tahun 2013 merupakan tahap implementasi kegiatan P2KPB yang meliputi penetapan lokasi Kawasan perdesaan berkelanjutan (KPB), identifikasi sektor-sektor dasar yang akan dikembangkan, penyusunan konsep rencana rinci tata ruang, serta penyusunan rencana terpadu dan Rencana program investasi infrastruktur jangka menengah (RPI2JM) di KPB.

Di kesempatan yang sama, Kepala Seksi Data dan Informasi Susanto mengatakan, maksud dari rapat koordinasi ini untuk memantapkan penyamaan pemahaman tentang kegiatan yang akan dilaksanakan baik dari tim pusat maupun daerah. Susanto juga menambahkan, sasaran yang diharapkan dari rapat koordinasi ini adalah tersusunnya program kerja dan pelaksanaan pekerjaan untuk masing-masing daerah.

Acara yang diselenggarakan selama dua hari ini dihadiri oleh perwakilan dari tujuh kabupaten peserta P2KPB di Wilayah I, yakni Kepala Bappeda Kabupaten Bintan, Kepala Bappeda Kabupaten Kebumen, Kepala Bappeda Kabupaten Magelang, Kepala bidang Fisik dan Prasarana Bappeda Kabupaten Pamekasan, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Malang, Kepala Seksi Sumber Daya dan Pengembangan Teknologi Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kuningan.

P2KPB juga tidak hanya terbatas pada LP2B saja, tapi juga potensi perdesaan yang lain seperti minapolitan. “P2KPB adalah suatu program, bukan proyek, supaya seluruh sektor bisa dirangkul sehingga terdapat sarana prasarana penunjang pertanian yang baik," tegas Lina Marlia. (mut/nik)


Sumber : admintaru_270513.jpg


  BERITA DARI MEDIA
27/8/2014 | http://www.sapos.co.id
Penataan Pulau Derawan Harus Diatur
25/8/2014 | http://jakarta.bisnis.com/
Tata Ruang & Infrastruktur Jadi Kendala Investasi di Bekasi
11/8/2014 | http://merantionline.com
Pengesahan RTRW Riau Sinyal Bagus Bagi Pansus RTRW Meranti
11/8/2014 | http://www.republika.co.id/
Gubernur Sebut Tata Ruang Kepri Ancam Investasi
11/8/2014 | http://beritakotamakassar.com/i
Pemkot Harus Peka dengan Perkembangan Kota

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611