Pengumuman
 Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                         Download Cover Kegiatan 2013                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 21 Mei 2013 | Sekretariat

Perlu Tenaga Instruktur Bidang Penataan Ruang Bersetifikat

Sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM), Direktorat Jenderal Penataan Ruang pada tahun anggaran 2013 melaksanakan sebanyak 12 diklat teknis bidang penataan ruang. Penyelenggaraan diklat teknis tersebut perlu didukung oleh tersedianya tenaga instruktur yang kompeten dan bersertifikat. Demikian disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Joessair Lubis dalam pembukaan Diklat Training of Trainer (TOT) Teaching Skill di Sanur, Bali (20/5).

Lebih lanjut Joessair mengemukakan, Diklat TOT Teaching Skill dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Pusdiklat Kementerian PU bahwa tim pengajar dari struktural harus mempunyai sertifikat instruktur. Selain itu, lanjut Joessair, diklat juga dilaksanakan guna membekali para pejabat yang akan ditugaskan untuk mengajar dengan memberikan pengetahuan mengenai teknik-teknik penyampaian materi.

Joessair mengingatkan tantangan bidang penataan ruang yang pada saat ini sudah pada tahap implementasi penataan ruang. Dengan demikian, pembinaan terhadap aparat penyelenggara penataan ruang harus selalu berkesinambungan, lanjut Joessair. Diklat teknis bidang penataan ruang yang dilaksanakan pada tahun 2013 juga merupakan program pengembangan pegawai yang sudah terprogram secara sistematis sebagaimana Grand Design Pengembangan SDM Ditjen Penataan Ruang.

Joessair menegaskan harus ada yang mampu untuk mengkomunikasikan NSPK bidang penataan ruang kepada semua pihak secara baik. Apalagi, lanjut Joessair, Ditjen Penataan Ruang juga sudah menginisiasi beberapa program andalan seperti Kota Hijau, Kota Pusaka, dan Desa Lestari. “Saya kira ini substansi baru yang harus bisa dikuasai dan dikomunikasikan kepada daerah dan stakeholder yang lain," ungkap Joessair.

Diklat TOT Teaching Skill ini merupakan diklat bersertifikasi dengan 30 JPL, dan dilaksanakan selama 4 hari pada 20-23 Mei 2013. Materi yang diajarkan yaitu Profesionalisme Instruktur, Strategi Pelatihan, Metode dan Media Pelatihan, Pembelajaran Andragogy, Penyusunan SAP, Peer Teaching, Evaluasi Pelatihan, Kompetensi Pembelajaran, Teknik Presentasi, dan Micro Teaching.

Diklat diikuti oleh 16 orang peserta yang berasal dari pejabat eselon III dan IV serta pejabat fungsional di lingkungan Ditjen Penataan Ruang. Pengajar pada Diklat TOT Teaching Skills berasal dari tim pengajar dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), serta Widyaiswara dari Kementerian PU dan Lembaga Administrasi Negara (LAN). (nrw/sar)


Sumber : admintaru_210513.jpg


  BERITA DARI MEDIA
14/4/2014 | http://www.indopos.co.id/
Harus Tunggu Rekomendasi Gubernur, Kadin Minta Pembangunan Diratakan
14/4/2014 | http://beritakotamakassar.com/
Dinas Tata Ruang akan Terapkan RTH ke Toko dan Mall
14/4/2014 | Lampung.tribunnews.com
Walhi Lampung Dukung Penertiban Bangunan Liar
10/4/2014 | http://beritakotamakassar.com/
DTRB Makassar Ajak Pengusaha Adakan RTH di Toko dan Mall
7/4/2014 | http://www.beritasatu.com
Pemerintah Janji Tegakkan Aturan Tata Ruang untuk Kurangi Bencana

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611