Pengumuman
 Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 16 April 2013 | Sekretariat

BIPR Lakukan Kunjungan ke DUWRMT dan Balai Diklat PU Wilayah III

Balai Informasi Penataan Ruang (BIPR) harus mampu menjelaskan penataan ruang secara nasional, agar masyarakat mengerti tentang keruangan di Indonesia. Demikian disampaikan Irwan Syafri koordinator Dissemination Unit of Water Resources Management and Technology (DUWRMT), ketika menerima kunjungan tim BIPR beberapa waktu yang lalu di Surakarta.

BIPR memiliki peran yang strategis di bidang penataan ruang, yaitu sebagai Pusat Informasi Bidang Penataan Ruang, Pusat Pelatihan Bidang Penataan Ruang, dan Pusat Pengkajian. Ketiga peran strategis tersebut dilaksanakan dengan didukung oleh Werdhapura. Melalui pelaksanaan ketiga peran strategis tersebut, diharapkan BIPR akan mampu mewujudkan visi menjadi Planning Resource Center pada tahun 2017.

Sebagai unit kerja yang memiliki peran dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia, BIPR dan DUWRMT melakukan diskusi terkait banyak hal dalam kesempatan tersebut. Isdiana, Kepala Balai Sungai, Puslitbang Sumber Daya Air (SDA), menyampaikan tentang keberadaan DUWRMT di Balai Sungai. “Karena letaknya yang strategis, maka berada di Balai Sungai”, jelas Isdiana. Beliau juga menjelaskan bahwa substansi materi dalam pelatihan didapatkan dari Puslitbang. “Kami sebagai pihak penyelenggara, sedangkan untuk pengajar tidak terbatas hanya dari Balai Sungai dan Puslitbang, bisa dari perguruan tinggi sesuai dengan ilmu dan bidangnya”, ungkap Isdiana.

Kunjungan BIPR dilanjutkan menuju Balai Diklat PU Wilayah III yang berlokasi di Jogjakarta. Dalam kunjungan di Balai Diklat ini, tim BIPR diterima oleh Ign. Widyananda Wulanedy, Kepala Balai Diklat PU Wilayah III Jogjakarta.

Sebagai unit kerja yang telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) dan telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008, Igi menjelaskan banyak hal terkait dengan tahapan persiapan, implementasi, dan evaluasi SMM dan ISO tersebut. “ISO hanya legitimasi saja, tetapi yang terpenting adalah semangat perbaikannya”, jelas Igi. Beliau menambahkan dua hal di dalam penerapan ISO, yaitu perbaikan dan menuliskan atau mendokumentasikan. “Semboyan ISO adalah mencatat apa yang kita kerjakan, dan mengerjakan apa yang kita catat”, ungkap Igi.

Taufan Madiasworo, Kepala BIPR menjelaskan, bahwa kunjungan BIPR ke DUWRMT dan Balai Diklat PU Wilayah III bertujuan untuk melakukan pembelajaran terhadap peran yang dijalankan pada kedua unit kerja tersebut, sebagai upaya pengembangan BIPR menuju Planning Resource Center. Kunjungan tim BIPR dipimpin oleh Kepala BIPR yang didampingi oleh Denny Surya Martha, Kepala Seksi Pengembangan Kapasitas, dan beberapa staf profesional BIPR, yaitu Nyoman Ary Prawira , Aryawidia Pariantho, dan Ni Putu Purnawati (bipr/ap).


Sumber : admintaru_160413


  BERITA DARI MEDIA
21/10/2014 | http://analisadaily.com/
Pembalakan Liar Jadikan Aceh Utara Langganan Banjir
20/10/2014 | http://daerah.sindonews.com/
Proyek Jalan Tol Ubah Tata Ruang Kabupaten Pasuruan
16/10/2014 | http://www.medanbisnisdaily.com/news
Mendagri Canangkan Batubara Pusat Kawasan Industri Aluminium
16/10/2014 | http://nasional.republika.co.id/
DPRD Ingin Adanya Taman Interaktif di Kelurahan
13/10/2014 | http://berita.suaramerdeka.com/
Penyusunan Raperda Tata Ruang Purwokerto Libatkan Masyarakat

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2014 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611, Email : datinpr@pu.go.id