Pengumuman
 Download Buku Panduan Pelatihan Pelopor Madya Penataan Ruang Tahun 2014                         Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 4 Desember 2012 |

Tahun 2013 - Rencana Pembentukan SNVT P2KH

Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) merupakan inisiatif untuk mewujudkan Kota Hijau secara inklusif dan komprehensif, dari delapan atribut Kota Hijau yaitu green planning and design, green open space, green community, green water, green building, green transportation, green energy, green waste, pada tahun ini, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Penataan Ruang telah memberikan fasilitasi perwujudan dalam bentuk dana stimulan untuk Rencana Aksi Kota Hijau (RAKH) yang telah disusun oleh 60 Kota/Kabupaten peserta P2KH, dan sampai saat ini 25 Kota/Kab telah menyampaikan konfirmasi keikutsertaan dalam P2KH untuk mendapatkan fasilitasi dalam penyusunan RAKH.

“Pada tahun 2013, Ditjen Penataan Ruang akan memberikan fasilitasi penyempurnaan RAKH secara up-scaling ke-112 Kota/Kabupaten”. Demikian tegas Sekretaris Ditjen Penataan Ruang, Ruchyat Deni pada saat membuka acara Pelatihan Pejabat Inti Satker di Lingkungan Ditjen Penataan Ruang di Hotel Jayakarta Yogyakarta, Senin (04/11).

Lebih lanjut, Deni mengatakan perlunya pembentukan anggota pejabat inti satker lainnya yang akan mendukung tugas dan fungsi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satuan Kerja Non-Vertikal Tertentu (SNVT) P2KH tersebut. Baiknya PPK dibantu oleh asisten bendahara pembantu, dan petugas Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran/Barang (UAKPA/B).

Suyitno, selaku ketua penyelenggara, menambahkan acara ini merupakan tahapan kedua yang akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 4 – 7 Desember 2012, yang sebelumnya telah diselenggarakan pelatihan tahap pertama di Hotel Grand Seriti Bandung pada tanggal 26 -29 November 2012. Sebanyak 42 peserta hadir pada acara ini, peserta terdiri dari calon Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) SNVT.

Senada dengan tugas dan tanggung jawab kita di bidang pekerjaan umum, khususnya pembentukan SNVT P2KH ini, ada beberapa sistem pelaporan keuangan/anggaran yang nantinya harus dikuasai oleh masing-masing tim pengelola SNVT P2KH, seperti E-Monitoring, Sistem Akuntansi Keuangan (SAK), dan Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN), yang nantinya akan masuk ke dalam Laporan Keuangan Kementerian Pekerjaan Umum.

Pelatihan ini turut menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan; Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan; Pusat Pembinaan Penyelenggaraan Konstruksi, Badan Pembinaan Konstruksi; Direktorat Perkotaan Ditjen Penataan Ruang dan Direktorat Bina Program dan Kemitraan Ditjen Penataan Ruang.

Ke depan, pelatihan ini diharapkan menjadi pembekalan bagi para calon PPK dalam mengelola anggaran dan dalam menyusun laporan pertanggungjawabannya dalam bentuk laporan keuangan, sebagaimana selalu disebutkan oleh Menteri Pekerjaan Umum bahwa target kita pada tahun 2013 untuk mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pelaporan keuangan kita, termasuk di dalamnya laporan keuangan Ditjen Penataan Ruang. “pemerintah pusat akan selalu mendampingi SNVT P2KH, baik secara teknis maupun administratif”. Tutup Deni (ldy/har)


Sumber : admintaru_041212


  BERITA DARI MEDIA
21/7/2014 | http://pekanbaru.tribunnews.com
Hari Ini Ranperda RTRW Pekanbaru Disahkan
18/7/2014 | http://analisadaily.com
Pembangunan Aceh Tanpa Konsep Tata Ruang
17/7/2014 | http://theglobejournal.com
KPHA Tuding Pemerintah Aceh Abaikan Konsep Tata Ruang
13/7/2014 | http://riauheadline.com
Proyek Jalan Poros Bagansiapiapi-Dumai Terkendala RTRW
13/7/2014 | http://riauheadline.com/
Pengesahan RTRW Riau Diserahkan ke Pemerintahan Baru

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611