Pengumuman
 Download File Cover Laporan Kegiatan 2014 (Info Lengkap Hub. Perpustaakaan DJPR 021-7221336)                         Jajaran dan Staf Direktorat Jenderal Penataan Ruang mengucapkan selamat dan sangat bangga atas terpilihnya Bapak DR. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat periode 2014-2019.                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 8 Mei 2012 | Nasional

RTR PULAU SEBAGAI ALAT KOORDINASI LINTAS WILAYAH DAN SEKTORAL

Rencana Tata Ruang (RTR) Pulau merupakan penjabaran Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional (RTRWN) yang memuat pola dan struktur ruang untuk selanjutnya diuraikan lebih detail dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi, Kabupaten, dan Kota. RTR Pulau memiliki fungsi utama sebagai alat koordinasi lintas wilayah, lintas sektoral, dan penetapan fungsi kegiatan. Demikian diungkapkan Direktur Penataan Ruang Wilayah Nasional Iman Soedradjat dalam Sosialisasi Perpres RI No. 13 Tahun 2012 tentang RTR Pulau Sumatera di Batam (8/5).

Ditambahkan Iman, RTR Pulau juga menjelaskan fungsi-fungsi PKN yang telah ditetapkan dalam RTRWN. Dalam tujuannya, Penataan Ruang Pulau Sumatera berfokus pada perlindungan ekosistem dan pengembangan ekonomi perkebunan, perikanan, serta pertambangan yang didukung oleh industri pengolahan untuk memberikan nilai tambah. “Jadi, yang penting dalam RTR Pulau adalah arahan pemanfaatan ruangnya,” tegas Iman.

Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Riau Robert Iwan Loreux juga menyampaikan harapannya ketika membuka acara ini agar RTR Pulau Sumatera dapat mendorong keterpaduan pembangunan antarwilayah dan sinergi antarsektor sehingga dapat menjadi solusi masalah lintas wilayah/sektor yang selama ini mengemuka di Pulau Sumatera.

Asdep Urusan Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah Kemenko Bidang Perekonomian Abdul Kamarzuki mengatakan, muatan RTR Pulau Sumatera ini dianggap telah selaras dengan strategi dan kegiatan ekonomi utama Pulau Sumatera dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Yakni sebagai pusat produksi, pengolahan sumber daya alam, dan lumbung energi nasional dengan kegiatan ekonomi utama berbasis pada komoditas kelapa sawit, karet, batubara, perkapalan, dan besi baja yang akan dikembangkan di sisi timur Pulau Sumatera.

Labih lanjut Direktur Fasilitasi Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup Kemendagri Sofyan Bakar menyampaikan bahwa RTR Pulau Sumatera berperan sebagai alat koordinasi dan sinkronisasi dengan program pembangunan wilayah serta RTRW Provinsi/Kabupaten/Kota. Pembagian tugas/tanggung jawab antar wilayah serta penguatan kelembagaan Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) dan forum gubernur perlu dilakukan untuk menunjang implementasi RTR ini.

Di akhir kegiatan, Iman menyampaikan harapannya agar arahan-arahan yang termuat dalam RTR Pulau dapat diacu oleh daerah dalam menyusun kebijakan-kebijakan terkait. Selain itu sosialisasi ini tidak berhenti di sini saja dan Pemerintah Daerah dapat menyampaikan hasil yang dicapai ke jajarannya di Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Seluruh peserta sosialisasi menyambut baik terbitnya Perpres No. 13 Tahun 2012 tentang RTR Pulau Sumatera dan berperan aktif dalam sesi diskusi untuk memberi masukan serta mengklarifikasi muatan RTR tersebut. Oleh karena itu diharapkan para peserta sosialisasi yang terdiri atas pemerintah provinsi se-Pulau Sumatera dapat menyebarluaskan muatan RTR Pulau Sumatera ini kepada jajaran pemerintah provinsi/kabupaten/kota di Pulau Sumatera. (wid/chr/nil)


Sumber : admintaru_080512


  BERITA DARI MEDIA
14/11/2014 | http://sinarharapan.co/
Pemerintah Didesak Tolak Revisi Tata Ruang Aceh
12/11/2014 | http://www.indopos.co.id/
Hari Tata Ruang, Momentum Keberlanjutan Kota
12/11/2014 | http://wartakota.tribunnews.com/
Pakar : Jakarta Perlu Tambah Ruang Terbuka Biru
11/11/2014 | http://news.bisnis.com/
Pendirian Perumahan Cluster Dan Apartemen Di Tangsel Tanpa Landasan
8/11/2014 | http://warta-andalas.com/
Di Depan Menteri PU, Wako Riza Tandatangani Piagam Kota Hijau

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2014
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2014 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611, Email : datinpr@pu.go.id