Pengumuman
 Download File Cover Laporan Kegiatan 2014 (Info Lengkap Hub. Perpustaakaan DJPR 021-7221336)                         Jajaran dan Staf Direktorat Jenderal Penataan Ruang mengucapkan selamat dan sangat bangga atas terpilihnya Bapak DR. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat periode 2014-2019.                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 4 Mei 2012 | Perkotaan

Implementasi RTR Mamminasata Masuk Tahun Kedua

Implementasi Perpres No. 55/2011 tentang Rencana Tata Ruang (RTR) Kawasan Strategis Nasional Perkotaan Makassar-Maros-Sungguminasa-Takalar (Mamminasata) saat ini telah memasuki tahun kedua. Karenanya indikasi program pembangunan yang termuat didalamnya harus dikawal dan segera dilaksanakan. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum Imam S. Ernawi dalam Sosialisasi Perpres No. 55/2011 di Makassar (1/5).

Ditambahkan Imam, melalui sosialisasi ini harapannya pemangku kepentingan dan masyarakat semakin mengenal RTR Mamminasata. Perpres ini dirancang untuk menjawab permasalahan yang timbul akibat perkembangan kondisi di wilayah ini. Dalam Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia, Mamminasata ditetapkan sebagai pintu gerbang Indonesia bagian timur. Sehingga, tidak heran jika pembangunan-pembangunan di Mamminasata memiliki prioritas yang cukup tinggi di level nasional.

Di kesempatan ini, Imam juga mengingatkan pentingnya kerjasama antar kota dan kabupaten pembentuk Mamminasata. Makassar, Maros, Gowa, dan Takalar harus bekerjasama sebagai satu entitas” Ujar Imam. Belajar dari Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Puncak-Cianjur (Jabodetabekpunjur), banyak kegiatan pembangunan yang memiliki dampak lintas wilayah. Perlunya sebuah badan yang kuat untuk mengkoordinasikan wilayah-wilayah tersebut. "Mamminasata belum sekompleks Jabodetabekpunjur, karena masih dalam satu provinsi. Oleh karena itu, peran pemerintah provinsi sangat penting," tegasnya.

Saat ini di Mamminasata sudah terbentuk Badan Kerjasama Pembangunan Mamminasata (BKSPMM). BKSPMM dibentuk berdasarkan Peraturan Gubernur dan anggotanya sebagian besar terdiri dari pensiunan pejabat dinas tata ruang di Mamminasata. Menurut Direktur Perkotaan Joessair Lubis, Badan ini harus segera direvisi mengikuti Perpres 55/2011 dan perkembangan terkini Mamminasata. Anggotanya tidak terbatas PNS namun bisa juga professional di bidang tata ruang.

Ada satu lagi yang harus segera disusun setelah pengesahan Perpres 55/2011. Yakni dokumen Rencana terpadu Program Pembangunan Investasi Infrastruktur Jangka Menengah atau RPIIJM. RPIIJM merupakan pegangan dalam penentuan kebijakanpembangunan yang dilakukan baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. RPIIJM disusun dalam jangka waktu menengah, yakni anatar 3-5 tahunan. Masing-masing program kemudian dipecah tahapannya per tahun. Setelah program pusat masuk, kemudian Pemerintah Daerah juga memberikan masukan tentang program jangka menegah mereka. Setelah terjadi kesepakatan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, dokumen ditandatangani oleh Walikota atau Bupati daerah yang bersangkutan. Hasil kesepakatan kemudian dibawa ke Bappenas untuk dibuat program penganggaran dan pelaksanaan. Saat ini RPIIJM Mamminasata sudah mendekati tahap final. (agr/nik)


Sumber : admintaru_040512


  BERITA DARI MEDIA
12/11/2014 | http://www.indopos.co.id/
Hari Tata Ruang, Momentum Keberlanjutan Kota
12/11/2014 | http://wartakota.tribunnews.com/
Pakar : Jakarta Perlu Tambah Ruang Terbuka Biru
11/11/2014 | http://news.bisnis.com/
Pendirian Perumahan Cluster Dan Apartemen Di Tangsel Tanpa Landasan
8/11/2014 | http://warta-andalas.com/
Di Depan Menteri PU, Wako Riza Tandatangani Piagam Kota Hijau
6/11/2014 | .republika.co.id
Tata Ruang Banyuwangi Masuk Nominasi Penghargaan PU

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2014
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2014 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611, Email : datinpr@pu.go.id