Pengumuman
 Download File Cover Laporan Kegiatan 2014 (Info Lengkap Hub. Perpustaakaan DJPR 021-7221336)                         Jajaran dan Staf Direktorat Jenderal Penataan Ruang mengucapkan selamat dan sangat bangga atas terpilihnya Bapak DR. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat periode 2014-2019.                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 3 Mei 2012 | Program

Wakil Menteri PU Resmikan Perpustakaan Ditjen Penataan Ruang

Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak secara resmi membuka perpustakaan Direktorat Jenderal (Ditjen) Penataan Ruang hari ini di Jakarta. Peresmian ini bersamaan dengan pembukaan pameran Hari Air Dunia XX tahun 2012.

Dalam sambutannya, Hermanto mengatakan selain sebagai sumber referensi, perpustakaan dalam sebuah instansi merupakan tempat untuk melihat seberapa jauh perkembangan kinerja badan induknya. Perpustakaan Ditjen Penataan Ruang dapat menjadi fasilitas untuk melihat seberapa jauh penyelenggaraan Penataan Ruang telah dilakukan. Hal ini karena output pekerjaan setiap tahunnya dapat dilihat dalam bentuk produk dan dokumentasi yang disimpan di perpustakaan.

"Dengan terbukanya akses masyarakat kepada produk Penataan Ruang diharapkan fungsinya sebagai payung pembangunan nasional dapat terdukung dengan baik," ujar Hermanto.

Perpustakaan adalah fasilitas yang disediakan oleh Ditjen Penataan Ruang untuk menjadi pusat sumber referensi, dan sosialisasi produk-produk Ditjen Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum. Perpustakaan seluas 700 m2 ini selesai dibangun pada awal 2012. Lebih dari 3000 koleksi buku, peta, dan koleksi multimedia tersedia di perpustakaan ini. Koleksi buku diklasifikasikan dengan sistem standar internasional dan terintegrasi dengan sistem automasi perpustakaan berbasis web. Cakupan subjek koleksi bervariasi mulai dari subjek penataan ruang, transportasi, arsitektur, lingkungan, sosial, ekonomi, lingkungan, hingga sastra.

Layanan yang disediakan antara lain akses dan peminjaman koleksi, free akses WIFI, ruang baca yang luas dan nyaman, ruang minitheatre dan ruang rapat. Sistem keanggotaan terbuka untuk umum dengan mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan pasfoto. Selain itu, akses penelusuran koleksi juga dapat dilakukan secara online melalui portal http://pustaka.penataanruang.net.

Di akhir kegiatan, Hermanto menyampaikan harapannya agar perpustakaan Ditjen Penataan Ruang dapat dikembangkan dan dijaga karena menjaga lebih sulit daripada membuat. Turut mendampingi Wakil Menteri PU dalam peresmian ini, antara lain Staf Ahli Menteri PU Bidang Ekonomi dan Investasi Setia Budhy Algamar, Staf Ahli Menteri PU Bidang Keterpaduan Pembangunan, Dirjen Penataan Ruang Imam S.Ernawi, Dirjen SDA Mohammad Hasan, Direktur Perkotaan Joessair Lubis dan Direktur Pembinaan Penataan Ruang Daerah Wilayah II Bahal Edison Naiborhu. (hmstaru)


Sumber : admintaru_030512


  BERITA DARI MEDIA
23/12/2014 | http://www.mediaindonesia.com
Aturan Tata Ruang Direvisi
15/12/2014 | http://jakarta.bisnis.com/
Ruang Terbuka Hijau: DKI Targetkan Tambah 50 Ha
15/12/2014 | http://nasional.republika.co.id
Cegah Macet, Tata Ulang Ruang Jakarta Diperlukan
7/12/2014 | http://nasional.kontan.co.id/
BNPP geber 9 Perpres Tata Ruang Kawasan Perbatasan
6/12/2014 | http://www.rri.co.id/post/
Tata Ruang Kabupaten Banyuwangi Terbaik se Indonesia

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2014
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2014 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611, Email : datinpr@pu.go.id