Pengumuman
 PENGEMBANGAN SDM DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG SOSIALISASI DAN UJI COBA E-OFFICE KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT. RUANG SAPTA TARUNA, SELASA 9 DESEMBER 2014, PUKUL 10.00 - 16.00 WIB                          Download File Cover Laporan Kegiatan 2014 (Info Lengkap Hub. Perpustaakaan DJPR 021-7221336)                         Jajaran dan Staf Direktorat Jenderal Penataan Ruang mengucapkan selamat dan sangat bangga atas terpilihnya Bapak DR. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat periode 2014-2019.                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 1 Mei 2012 | Wilayah II

KICK OFF MEETING, SAMBUT PERCEPATAN PENETAPAN PERDA KABUPATEN DI WILAYAH II

Seiring dengan berpacunya waktu yang seakan menjadi cambuk bagi Direktorat Pembinaan Penataan Ruang Daerah Wilayah II, penyelesaian Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi dan Kabupaten di Wilayah II menjadi target yang tidak dapat dikompromikan lagi.

Dengan ditandatanganinya kontrak oleh pihak ketiga sebagai pelaksana kegiatan percepatan penetapan Perda RTRW, secara resmi Direktorat Pembinaan Penataan Ruang Daerah Wilayah II melaksanakan Kick Off Meeting di Jakarta (30/4). Kick Off Meeting ini juga sebagai bentuk komitmen awal dengan para konsultan pelaksana kegiatan percepatan penetapan Perda RTRW.

“Dengan dimulainya kegiatan Kick Off Meeting ini, maka secara resmi argo sudah bisa berjalan, karenanya perlu dibuat kontrak kinerja agar semua target dan kegiatan bisa berjalan efektif dan efisien,” ujar Direktur Pembinaan Penataan Ruang Daerah Wilayah II Bahal Edison Naiborhu.

Ditargetkan sampai dengan akhir tahun 2012 ini semua Kabupaten di Wilayah II harus sudah dapat menerbitkan Perda yang mengatur tata ruangnya, sehingga pada tahun ini semua Kabupaten di Wilayah II perlu untuk difasilitasi penetapan Perdanya. Dengan alasan itulah, Direktorat Pembinaan Penataan Ruang Daerah Wilayah II mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Percepatan Penyusunan Perda RTRW Kabupaten dan Fasilitasi Percepatan Penetapan Perda RTRW Provinsi dan Kabupaten dengan Konsultan Manajemen Wilayah (KMW) Pendampingan Teknis Percepatan Penyelesaian Perda RTRW Kabupaten di Wilayah II sebagai komandan dari kedua kegiatan tersebut.

Edison menambahkan, kegiatan ini bukanlah kegiatan studi tetapi komunikasi, maka dari itu semua tim dari setiap konsultan baik KMW maupun Bimtek dan fasilitasi harus memiliki orang-orang yang punya akses ke Pemerintah Kabupaten. Komunikasi dan koordinasi selain dilakukan kepada aparat Pemerintah Kabupaten, juga dilakukan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah Provinsi, Tim Pendamping Daerah dan Think Tank.

Kasubdit Kebijakan Direktorat Pembinaan Penataan Ruang Daerah Wilayah II Desfitriza mengungkapkan, konsultan bimtek dan fasilitasi harus terjun langsung ke Kabupaten, tidak hanya sebatas berhubungan dengan SKPD di Provinsi saja. Berbagai kendala yang dihadapi dalam perjalanan proses percepatan penetapan Perda RTRW tahun-tahun sebelumnya, memberi banyak pelajaran bagi semua pihak yang terlibat dalam penetapan Perda RTRW Kabupaten. Ini penting untuk menetapkan langkah dalam rangka semakin mempercepat penetapan Perda RTRW Kabupaten.

Disebutkan Bahal Edison dalam arahannya, langkah awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi status, menyusun rencana capaian target, mengkonfirmasi target dengan Pemerintah Kabupaten, dan menentukan langkah untuk mencapai target. Pada akhir arahannya, Bahal Edison juga mengingatkan untuk mempertimbangkan kembali faktor-faktor non teknis lainnya dalam menentukan langkah mencapai target.

Tak kalah penting, berbagai pendapat dari tim-tim konsultanpun dihimpun untuk memperoleh data dan kendala yang mungkin dihadapi di lapangan. Diharapkan kedepan, para konsultan ini bisa menjadi kepanjangan tangan Direktorat Pembinaan Penataan Ruang Daerah Wilayah II dalam mendorong percepatan penetapan Perda Kabupaten di Wilayah II. (wnd/nik)


Sumber : admintaru_010512


  BERITA DARI MEDIA
15/12/2014 | http://jakarta.bisnis.com/
Ruang Terbuka Hijau: DKI Targetkan Tambah 50 Ha
15/12/2014 | http://nasional.republika.co.id
Cegah Macet, Tata Ulang Ruang Jakarta Diperlukan
7/12/2014 | http://nasional.kontan.co.id/
BNPP geber 9 Perpres Tata Ruang Kawasan Perbatasan
6/12/2014 | http://www.rri.co.id/post/
Tata Ruang Kabupaten Banyuwangi Terbaik se Indonesia
27/11/2014 | http://news.okezone.com/
Pemprov DKI Kesulitan Tambah Ruang Hijau

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2014
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2014 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611, Email : datinpr@pu.go.id