Pengumuman
 Saksikan Celebrity on Vacation di Trans TV tanggal 30 Agustus 2014 Pukul 08.00 WIB bersama narasumber 1. Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc (Dirjen Penataan Ruang), 2. Ali Yusuf, S.Pt (Walikota Sawahlunto, Sumatera Barat), 3. Dr. H. Burhan Abdurahman, SH. MM (Ketua JKPI) dengan tema Kota Pusaka, Langkah Indonesia Membuka Mata Dunia                         Pengumuman Pemenang Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Download Buku Panduan Pelatihan Pelopor Madya Penataan Ruang Tahun 2014                         Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 25 April 2012 | Program

Pelatihan PIS DJPR: Ciptakan Kesamaan Visi dan Pola Pikir Pejabat Inti Satker

Pelaksanaan kegiatan bidang penataan ruang yang dilakukan melalui Dekonsentrasi dimaksudkan untuk memperkuat posisi Gubernur dalam peranannya sebagai koordinator pelaksana pembangunan bidang penataan ruang di daerah. Demikian disampaikan Yadi Siswadi Kepala Pusat Pendidikan dan. Pelatihan, Sekretariat Jenderal Kemeterian Pekerjaan Umum (PU) dalam pembukaan Pelatihan Pejabat Inti Satker (PIS) Bidang Penataan Ruang di Balai Diklat Wilayah VI Jakarta (23/4).

Dalam sambutannya Yadi juga menekankan bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan wawasan & pengetahuan Pejabat Inti Satker serta menciptakan kesamaan visi dan pola pikir dalam melaksanakan tugas sebagai pejabat inti satker.

Acara yang baru pertama kali dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Penataan Ruang (DJPR) ini dibuka oleh Direktur Jenderal Penataan Ruang, Imam S. Ernawi. Dalam arahannya Imam mengatakan bahwa Pemerintah Pusat harus melakukan ”invitation” kepada Pemerintah Daerah melalui Gubernur sehingga nantinya akan tercipta ikatan “offer & accept” dalam pelaksanaan tugas dekonsentrasi bidang penataan ruang.

Imam juga menambahkan bahwa antara Pemerintah Pusat & Daerah harus ada penyamaan “postur” yaitu perlu adanya “critical mass” dimana Pengaturan, Pembinaan, Pelaksanaan dan Pengawasan (turbinlakwas) sebagai sistem penataan ruang harus mampu menjangkau seluruh pelaku penataan ruang dari tingkat pusat hingga ke tingkat kabupaten.

Selain itu Penyelenggaraan Penataan Ruang yang harus disampaikan ke masyarakat bukan hanya sebatas perencanaan tapi sudah harus sampai tahap penyelenggaraan “Jika masih menganggap penataan ruang hanya sebatas perencanaan maka hal tersebut termasuk “mazhab” yang salah”, ujar Imam.

Dalam penyelenggaraan penataan ruang antara Pemerintah Pusat & Pemerintah Daerah juga harus memiliki kesamaan “platform” dalam mendudukkan turbinlakwas, sehingga empat subsistem turbinlakwas yaitu pengaturan, pembinaan, pelaksanaan & pengawasan dapat berjalan secara sinkron baik di tingkat Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten/kota.

Tujuan yang hendak dicapai dari Pelatihan PIS ini adalah terwujudnya pelaksanaan tugas Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel dalam rangka menunjang peningkatan kinerja penyelenggaraan penataan ruang DJPR, tutup Imam.

Pelatihan Pejabat Inti Satker yang akan berlangsung hingga 27 April ini, diikuti oleh 32 Kepala Satker, 42 Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dekonsentrasi dan 30 PPK Tugas Pembantuan dari 32 Provinsi. (rio/har)


Sumber : admintaru_250412


  BERITA DARI MEDIA
13/9/2014 | http://manado.tribunnews.com
Sekda Bolsel Percepatan Raperda Tata Ruang
13/9/2014 | http://property.okezone.com
5 Tantangan Permasalahan Tata Ruang di Indonesia
12/9/2014 | http://www.republika.co.id/
Pemkot Depok Langgar Aturan Tata Ruang Kota
12/9/2014 | http://www.korankaltim.com
Jaang: Samarinda Jadi Kota Jasa
10/9/2014 | http://detakberita.com/
Makin Banyak Bangunan, Tata Ruang Kawasan Borobudur Diatur Dalam PP

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611