Pengumuman
 Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 23 April 2012 | Sekretariat

DJPR TAJAMKAN ROADMAP PENINGKATAN KAPASITAS SDM PENATAAN RUANG

Untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang penataan ruang, telah disusun daftar kebutuhan peningkatan kapasitas SDM bidang Penataan Ruang. Karena itu, Direktorat Jenderal Penataan Ruang (DJPR) perlu membuat roadmap peningkatan kompetensi SDM bidang penataan ruang untuk menentukan strata diklatnya serta prioritas tahapan pelaksanaannya hingga tahun 2014. Demikian diungkapkan Sekretaris Direktorat Jenderal Penataan Ruang Ruchyat Deni Djakapermana dalam pembahasan Penajaman Roadmap Peningkatan Kapasitas SDM Penataan Ruang di Bandung, Rabu (18/4).

Ditjen Penataan Ruang sendiri sudah mengidentifikasi kebutuhan diklat dari masing-masing unit kerja. Kebutuhan diklat tersebut telah disusun dan dipresentasikan berdasarkan tugas dan fungsi, konteks penyelenggaraan penataan ruang, konteks substansi, dan strata diklat, sejumlah sebanyak 151 diklat, demikian lanjut Deni.

Daftar kebutuhan yang masih berupa long list ini masih perlu distrukturkan kembali untuk dapat ditentukan posisi kedudukan diklat baik yang bersifat teknis maupun manajerial dikaitkan dengan konteks penyelenggaraan penataan ruang, yaitu pengaturan, pembinaan, pelaksanaan, dan pengawasan (turbinlakwas), demikian ungkap Deni. Selain itu, lanjut Deni, perlu juga ditentukan jenjang dari masing-masing diklatnya.

Dalam kesempatan yang sama, Widyaiswara Utama LAN Nana Rukmana mengingatkan terminologi diklat dimana terdapat diklat bersertifikat kelulusan (Certified) dan diklat bersertifikat keikutsertaan (Certificate of Attendance). Lanjut Nana, perlu ditentukan posisi aspek manajerial dan teknis. Menurut Nana, substansi manajerial akan semakin besar pada strata diklat yang lebih tinggi. Sebaliknya, untuk substansi teknis, akan semakin besar pada tingkat bawah. Dalam diklat, selalu ada 3 hal, yaitu skill, knowledge, dan attitude, demikian ungkap Nana. Hanya saja dalam diklat-diklat tertentu, faktor skill dan knowledge lebih dominan, jelas Nana.

Pembahasan Penajaman Roadmap Peningkatan Kapasitas SDM Penataan Ruang ini adalah kelanjutan dari Workshop Peningkatan Kapasitas SDM Penataan Ruang yang telah dilaksanakan beberapa waktu sebelumnya di Jakarta. Telah ditunjuk tim kecil untuk menindaklanjuti hasil workshop serta menajamkan roadmap peningkatan kapasitas SDM Penataan Ruang. Kegiatan penajaman ini dipimpin oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Penataan Ruang serta dihadiri oleh Widyaiswara Utama LAN Nana Rukmana dan tim kecil yang terdiri dari para pejabat eselon III dan IV yang mewakili unit-unit di lingkungan Ditjen Penataan Ruang. (nrw/sar)


Sumber : admintaru_230412


  BERITA DARI MEDIA
20/10/2014 | http://daerah.sindonews.com/
Proyek Jalan Tol Ubah Tata Ruang Kabupaten Pasuruan
16/10/2014 | http://www.medanbisnisdaily.com/news
Mendagri Canangkan Batubara Pusat Kawasan Industri Aluminium
16/10/2014 | http://nasional.republika.co.id/
DPRD Ingin Adanya Taman Interaktif di Kelurahan
13/10/2014 | http://berita.suaramerdeka.com/
Penyusunan Raperda Tata Ruang Purwokerto Libatkan Masyarakat
13/10/2014 | http://www.kaltimpost.co.id
RTRW Kaltim Mendesak Disahkan

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2014 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611, Email : datinpr@pu.go.id