Pengumuman
 Download Buku Panduan Pelatihan Pelopor Madya Penataan Ruang Tahun 2014                         Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 19 April 2012 | Wilayah II

PPNS Penataan Ruang Harus Sigap Tangani Pelanggaran Tata Ruang

Berbagai permasalahan dan kasus yang saat ini terjadi di berbagai daerah, seperti permasalahan pertambangan di kawasan lindung, permasalahan permukiman di kawasan perkebunan serta kasus-kasus lain terkait penataan ruang, perlu mendapat perhatian serius. Makin banyaknya kasus penataan ruang yang tidak segera ditangani akan menyebabkan menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap kepastian hukum di bidang penataan ruang. Demikian diungkapkan Direktur Pembinaan Penataan Ruang Daerah Wilayah II Kementerian Pekerjaan Umum Bahal Edison Naiborhu, dalam Forum Konsolidasi PPNS Penataan Ruang Provinsi dan Kabupaten di Wilayah II di Sanur-Bali, Kamis (19/4).

Lebih lanjut Edison menjelaskan, tidak segera ditanganinya kasus-kasus tersebut juga akan menyebabkan menurunnya minat investasi, yang pada akhirnya menjadi kontraproduktif terhadap upaya pembangunan daerah. Untuk itu Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Penataan Ruang diharapkan dapat melaksanakan tugas secara profesional, bersungguh-sungguh, berdisiplin dan penuh tanggung jawab karena permasalahan yang harus diselesaikan masih sangat banyak.

“Selain itu perlu disadari peran penting PPNS Penataan Ruang dalam mendukung keberhasilan pembangunan yakni melalui pengawalan terhadap Undang-Undang Penataan Ruang yang menjadi dasar hukumnya”, ujar Edison.

Sementara menurut Kepala Bagian Hukum Direktorat Jenderal Penataan Ruang Dadang Rukmana, PPNS Penataan Ruang merupakan komponen tahap awal dari implementasi kebijakan Nasional bidang Penataan Ruang. Diantara kebijakan tersebut yaitu memperbaiki sistem perencanaan, membangun dan memperkuat instrumen implementasi sepeti misalnya implementasi Ruang Terbuka Hijau (RTH), dan kebijakan berikutnya adalah pengendalian.

Edison menambahkan, sampai dengan saat ini jumlah PPNS Penataan Ruang provinsi dan kabupaten di Wilayah II yang masih aktif sebanyak 60 orang dari total 279 PPNS Penataan Ruang. Untuk memenuhi kebutuhan jumlah PPNS Penataan Ruang Ditjen Penataan Ruang terus melakukan kaderisasi PPNS Penataan Ruang.

Penyelenggaraan Forum konsolidasi PPNS Penataan Ruang di Wilayah II pada tahun ini lebih ditekankan pada pembahasan kasus-kasus pelanggaran pemanfaatan ruang di daerah yang terindikasi adanya tindak pidana. Dan untuk meningkatkan komunikasi antara PPNS Penataan Ruang di Wilayah II, pada tahun 2011 Direktorat Pembinaan Penataan Ruang Wilayah II telah membangun sistem informasi berbasis website, sehingga tahun ini sudah mulai dapat dimanfaatkan sebagai wadah komunikasi dan sumber informasi bagi PPNS Penataan Ruang. (ffh/har)


Sumber : admintaru_190412


  BERITA DARI MEDIA
21/7/2014 | http://pekanbaru.tribunnews.com
Hari Ini Ranperda RTRW Pekanbaru Disahkan
18/7/2014 | http://analisadaily.com
Pembangunan Aceh Tanpa Konsep Tata Ruang
17/7/2014 | http://theglobejournal.com
KPHA Tuding Pemerintah Aceh Abaikan Konsep Tata Ruang
13/7/2014 | http://riauheadline.com
Proyek Jalan Poros Bagansiapiapi-Dumai Terkendala RTRW
13/7/2014 | http://riauheadline.com/
Pengesahan RTRW Riau Diserahkan ke Pemerintahan Baru

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611