Pengumuman
 Saksikan Celebrity on Vacation di Trans TV tanggal 30 Agustus 2014 Pukul 08.00 WIB bersama narasumber 1. Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc (Dirjen Penataan Ruang), 2. Ali Yusuf, S.Pt (Walikota Sawahlunto, Sumatera Barat), 3. Dr. H. Burhan Abdurahman, SH. MM (Ketua JKPI) dengan tema Kota Pusaka, Langkah Indonesia Membuka Mata Dunia                         Pengumuman Pemenang Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Download Buku Panduan Pelatihan Pelopor Madya Penataan Ruang Tahun 2014                         Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 19 April 2012 | Program

Kementerian PU Semarakkan Indonesia Climate Change Education Forum & Expo

Ketua Harian Dewan Nasional Perubahan Iklim, Rachmat Witoelar, yang juga merupakan Utusan Khusus Presiden Untuk Pengendalian Perubahan Iklim, membuka 2nd Indonesia Climate Change Education Forum & Expo (ICCEFE), di Balai Sidang Jakarta Convention Center (19/4).

Pameran dan forum perubahan iklim tahun ini menargetkan 50.000 pengunjung dan diikuti oleh lebih dari 175 peserta yang mewakili kementerian dan lembaga pemerintah, BUMN, perusahaan swasta, organisasi nirlaba, institusi pendidikan, lembaga donor, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, komunitas perubahan iklim serta media cetak dan elektronik.

“pameran dan forum pendidikan seperti ini perlu didukung dan diberikan ruang yang seluas-luasnya untuk penyebaran informasi dampak dan solusi perubahan iklim,” jelas Rachmat. Rachmat juga menyampaikan apresiasi bagi para pihak yang sepenuhnya mendukung kegiatan ini.

Pameran yang mengusung tema “Respone to Climate Change” ini diselenggarakan pada 19 – 22 April 2012 diharapkan mampu memancing respon dari pelbagai kalangan untuk turut mengambil bagian dalam mengetengahkan solusi perubahan iklim. “tidak hanya para pengambil keputusan kunci yang memiliki tanggung jawab terhadap dampak perubahan iklim namun pelaku bisnis dan industri yang banyak berperan di sector ekonomi hendaknya dapat berjalan selaras demi mencapai solusi.” Ujar agus Purnomo, Kepala Sekretariat DNPI yang juga merupakan Staf Khusus Presiden Bidang Perubahan Iklim.


Dalam kegiatan ini Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Cq. Direktorat Jenderal Penataan Ruang ikut berpartisipasi dalam pameran perubahan iklim dengan mengangkat tema “Climate Change: Act Now Trough Green Cities Initiatives” dengan menampilkan 14 poster terkait dengan inisiasi Kota Hijau sebagai solusi menghadapi perubahan iklim. “inisiasi green cities adalah upaya mengatasi perubahan iklim” ujar Sufrijadi Kasubdit Data Informasi & Komunikasi Direktorat Jenderal Penataan Ruang Kemen PU.

Pada kesempatan yang sama, di booth pameran Kemen PU Balthsar Kambuaya Menteri Lingkungan Hidup mengungkapkan green cities menjadi “key” untuk mengatasi Climate Change, dan agar dikembangkan untuk seluruh kota di Indonesia.

Tingginya antusiasme peserta pameran untuk mengetengahkan pesan edukasi perubahan iklim terlihat melalui padatnya rangkaian kegiatan pendukung seperti seminar, dialog interaktif, bedah buku, dan demo gaya hidup hijau. “sekitar 5000 siswa juga akan menghadiri pameran ini. Dengan mengajak keterlibatan The Climate Reality Project Indonesia seperti pada tahun lalu, maka besar harapan kami bahwa aspirasi dari komunitas anak-anak dan kepemudaan yang giat menyuarakan kepedulian perubahan iklim” ungkap Amanda Katili Niode selaku Koordinator Divisi Komunikasi, Informasi dan Edukasi Perubahan Iklim. Amanda juga menambahkan bahwa minimnya informasi perubahan iklim yang dapat dipahami masyarakat luas adalah tantangan yang harus disikapi oleh semua pihak.

Hasil yang dicapai dari 2nd Indonesia Climate Change Education Forum & Expo akan merupakan masukan penting bagi kajian multidisipliner untuk solusi perubahan iklim yang dilaksanakan oleh para pemangku kepentingan. (har)


Sumber : admintaru_190412


  BERITA DARI MEDIA
25/8/2014 | http://property.okezone.com/
Sawahlunto Dinobatkan Menjadi Kota Pusaka oleh KemenPU
27/8/2014 | http://www.sapos.co.id
Penataan Pulau Derawan Harus Diatur
25/8/2014 | http://jakarta.bisnis.com/
Tata Ruang & Infrastruktur Jadi Kendala Investasi di Bekasi
11/8/2014 | http://merantionline.com
Pengesahan RTRW Riau Sinyal Bagus Bagi Pansus RTRW Meranti
11/8/2014 | http://www.republika.co.id/
Gubernur Sebut Tata Ruang Kepri Ancam Investasi

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611