Pengumuman
 Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                         Download Cover Kegiatan 2013                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 13 April 2012 | Sekretariat

DJPR SUSUN ROAD MAP PENINGKATAN KAPASITAS SDM PENATAAN RUANG TAHUN 2014

Salah satu tool untuk menjawab permasalahan dan tantangan dalam mewujudkan kondisi ideal penyelenggaraan penataan ruang yang semakin berat dan komplek adalah melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Penataan Ruang. Peningkatan kapasitas SDM ini merupakan aspek penting dalam membangun profesionalitas, kreativitas, dan sikap yang berkualitas dari SDM Penataan Ruang. Untuk itu Direktorat Jenderal Penataan Ruang (DJPR) perlu menyusun roadmap peningkatan kapasitas SDM Penataan Ruang dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi yang mampu mengatasi isu-isu terkait penataan ruang. Demikian diungkapkan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Penataan Ruang Ruchyat Deni Djakapermana dalam pembukaan Workshop Peningkatan Kapasitas SDM Penataan Ruang di Jakarta (11/4).

Lebih lanjut Deni mengungkapkan, penyusunan roadmap peningkatan kapasitas SDM Penataan Ruang ini perlu dibahas oleh masing-masing unit kerja untuk merumuskan kegiatan peningkatan kompetensi apa saja yang dibutuhkan sesuai tugas pokok dan fungsinya. Seluruh kegiatan peningkatan kompetensi SDM ini semuanya harus masuk kedalam matriks sel kubus grand desain peningkatan kapasitas SDM Penataan Ruang yang telah disusun. Sehingga ke depan, tidak ada lagi pelaksanaan kegiatan pelatihan yang tiba-tiba diusulkan dan posisi pelatihannya di dalam sel kubus grand desain tersebut tidak jelas, tegas Deni.

Pada acara tersebut, Widyaiswara Utama LAN Nana Rukmana memaparkan kubus grand design peningkatan kapasitas SDM Penataan Ruang yang menggambarkan kedudukan diklat baik yang bersifat teknis maupun manajerial yang dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas SDM penataan ruang dikaitkan dengan konteks penyelenggaraan penataan ruang yaitu Pengaturan, Pembinaan, Pelaksanaan, dan Pengawasan (Turbinlakwas).

Ini semua harus bisa dijabarkan, serta dirinci dalam sel-sel yang ada di dalam kubus untuk menghasilkan roadmap, ungkap Deni. Lanjut Deni, roadmap ini harus dapat memberikan gambaran target kongkrit kegiatan peningkatan kompetensi SDM penataan ruang setiap tahunnya di masing-masing Direktorat.

Pada akhir acara, Direktur Jenderal Penataan Ruang Imam S. Ernawi memberikan arahan bahwa kebutuhan akan peningkatan kapasitas SDM bidang penataan ruang yang dihasilkan masih merupakan longlist, dan perlu ditindaklanjuti oleh kelompok kerja yang akan merumuskan dan menyusunnya menjadi shortlist. Dari 191 item yang telah dihasilkan ini mestinya tidak semua dilakukan, demikian lanjut Imam.

Kebutuhan peningkatan kapasitas SDM yang sifatnya umum seperti masalah manajemen dan programming merupakan layer-layer di masing-masing bidang dari 4 dimensi kubus dalam konteks Turbinlakswas. Grand design peningkatan kapasitas SDM ini adalah untuk bidang penataan ruang, sehingga target group nya tidak hanya DJPR, namun juga termasuk pemerintah daerah dan masyarakat yang terkait dengan penataan ruang, demikian ungkap Imam.

“Pada saat kita menyusun grand design peningkatan kapasitas SDM penataan ruang ini, kita mempunyai tujuan bahwa ketika sudah ada Undang-Undang Penataan Ruang, maka kita perlu menginstitusikan penyelenggaran penataan ruang pada seluruh stakeholder penataan ruang,” tambah Imam.

Salah satunya, lanjut Imam, yaitu melalui aparat pemerintah yang profesional dan certified, sehingga SDM bidang penataan Ruang harus didesain menjadi spatialship professional yang certified, dan harus dikembangkan setiap tahun.

Workshop ini diikuti oleh para pejabat Eselon II, III, IV dan Staf professional di lingkungan Direktorat Jenderal Penataan Ruang. (ls/sar/nrw)


Sumber : admintaru_130412


  BERITA DARI MEDIA
21/4/2014 | http://www.radarlampung.co.id
Wajah Kota Makin Amburadul
21/4/2014 | http://www.radarlampung.co.id
Kadistako: Tetap Mengacu Perda RTRW
21/4/2014 | http://www.republika.co.id/
Kementerian PU Siapkan Rp 1,5 Miliar Per Hektare untuk RTH
14/4/2014 | http://www.indopos.co.id/
Harus Tunggu Rekomendasi Gubernur, Kadin Minta Pembangunan Diratakan
14/4/2014 | http://beritakotamakassar.com/
Dinas Tata Ruang akan Terapkan RTH ke Toko dan Mall

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611