Pengumuman
 Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 30 Maret 2012 | Nasional

RTR KSN Sorowako dan Timika Fokuskan Pada Kegiatan Budidaya Pertambangan

Penyusunan Rencana Tata Ruang Kawasan Stategis Nasional (RTR KSN) Sorowako dan Timika adalah salah satu contoh RTR yang pola ruangnya diperuntukkan sebagai kegiatan budidaya pertambangan. Kegiatan pertambangan perlu diatur agar dapat berjalan dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan di sekitarnya. Demikian diungkapkan Direktur Penataan Ruang Wilayah Nasional Iman Soedrajat saat membuka rapat pembahasan Rancangan Peraturan Presiden KSN Timika dan Sorowako di Bandung pekan lalu.

KSN Sorowako dan KSN Timika merupakan KSN yang ditetapkan dari sudut kepentingan pendayagunaan sumber daya alam dan/atau teknologi tinggi. Berdasarkan isu strategisnya, KSN Sorowako diarahkan terutama sebagai kawasan penghasil nikel terbesar se-Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Kasubdit Kebijakan dan Strategi Nasional Aria Indra Purnama menjelaskan kemajuan penyusunan RTR KSN Sorowako dan Timika, serta isu lingkungan yang merupakan pengaruh dari kegiatan pertambangan pada kawasan tersebut. “Saat ini kita memerlukan klarifikasi untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dapat diatur atau diintervensi dalam wilayah kontrak karya, baik di Kawasan Timika maupun Sorowako," lanjut Aria.

Menanggapi hal tersebut, perwakilan Badan Geologi Kementerian ESDM Adang Perwira Kusuma mengharapkan di dalam RTR KSN Sorowako dan Timika ini dapat diatur mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh di lokasi pertambangan, karena hingga saat ini belum ada peraturan perundangan yang mengatur hal tersebut. “Untuk kawasan pertambangan deliniasinya harus mencakup semua kawasan yang telah mendapatkan izin usaha pertambangan," tegasnya.

Sejak diberlakukannya otonomi daerah, banyak izin usaha pertambangan yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah, izin yang dikeluarkan oleh Pemerintah hanya untuk minyak dan gas bumi saja. Hal ini menyebabkan adanya tumpah tindih izin yang dikeluarkan, ungkap Hadiyanto dari Kementerian ESDM.

Di akhir kegiatan, Iman menambahkan bahwa masukan dan tanggapan akan segera diakomodir dalam penyempurnaan RTR KSN Timika dan Sorowako sebelum pembahasan tingkat eselon I di forum BKPRN. RTR KSN Timika dan Sorowako akan dilanjutkan ke Kementerian Hukum dan HAM untuk diproses dengan Sekretariat Kabinet yang dikoordinasikan oleh Menko Perekonomian.(ayu/nik)


Sumber : admintaru_300312


  BERITA DARI MEDIA
21/10/2014 | http://analisadaily.com/
Pembalakan Liar Jadikan Aceh Utara Langganan Banjir
20/10/2014 | http://daerah.sindonews.com/
Proyek Jalan Tol Ubah Tata Ruang Kabupaten Pasuruan
16/10/2014 | http://www.medanbisnisdaily.com/news
Mendagri Canangkan Batubara Pusat Kawasan Industri Aluminium
16/10/2014 | http://nasional.republika.co.id/
DPRD Ingin Adanya Taman Interaktif di Kelurahan
13/10/2014 | http://berita.suaramerdeka.com/
Penyusunan Raperda Tata Ruang Purwokerto Libatkan Masyarakat

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2014 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611, Email : datinpr@pu.go.id