Pengumuman
 Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                         Download Cover Kegiatan 2013                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 26 Maret 2012 | Program

DJPR Lakukan Review Renstra

Review Rencana Strategis (Renstra) Direktorat Jenderal Penataan Ruang (DJPR) penting untuk segera dilakukan. Beberapa hal yang mendasari perlunya diadakan review ini yakni perkembangan kondisi lingkungan strategis yang cukup dinamis, terutama munculnya kebijakan percepatan pembangunan melalui program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia serta perlunya penyesuaian pencapaian output kegiatan pada Renstra sekarang dengan target di Rencana Pembangunan Jangka Menengah maupun dokumen lainnya. Demikian diungkapkan Direktur Bina Program dan Kemitraan Rido Matari Ichwan dalam Rapat Pembahasan Review Renstra Tahun 2010-2014 di Jakarta (22/3).

Ditambahkan Rido, pertimbangan lainnya adalah adanya masukan terhadap substansi program kegiatan DJPR yang disampaikan pada forum rapat pimpinan dan RDP DPR-RI. Dimana dalam forum tersebut diamanatkan perlunya percepatan pada penyelesaian Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi/Kabupaten/Kota dan Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional pada 6 Koridor Ekonomi. Selain itu adanya kebijakan baru (new initiative) untuk mengakomodasi pengembangan kegiatan tematik seperti Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH), Program Peningkatan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan (P2KPB), Kota Pusaka, dan Reformasi Birokrasi. "Perubahan yang diusulkan nantinya terkait juga dengan kebijakan penganggaran berbasis kinerja," imbuhnya.

Rido kembali menambahkan bahwa target yang ada dalam Renstra harusnya tidak hanya mencakup target secara umum, namun target khusus, sehingga diperlukan kebijakan khusus juga.

Kepala Pusat Kajian Strategis Kementerian PU Hediyanto Husaini mengatakan, review Renstra perlu dilaksanakan untuk memperbaiki beberapa aspek seperti misi kelembagaan, strategi dan kebijakan Kementerian yang harus selaras dengan RPJMN dan Rencana Kinerja Pemerintah, capaian kinerja 2010-2014 dan isu strategis 2010-2012, skenario pendanaan berbasis KPJM (Prakiraan Maju) dan New Initiatives, serta Penajaman target outcome/input baseline dan target kebijakan baru/khusus.

Terkait dengan implikasi peningkatan anggaran akibat adanya perubahan sasaran output maupun adanya output baru yang harus diselesaikan, Kepala Bagian Program dan Anggaran Biro Program dan Kerjasama Luar Negeri Panani Kesai mengingatkan agar usulan kenaikan anggaran yang diajukan dapat didukung oleh informasi yang memadai seperti program yang akan dilaksanakan, lokasi serta ruang lingkup yang menjadi tugas pokok satminkal. (wd/nik)


Sumber : admintaru_260312


  BERITA DARI MEDIA
25/4/2014 | http://beritakotamakassar.com
Jalan Lingkar Tidak Masuk RTRW Sulbar
24/4/2014 | http://www.sapos.co.id
RTH Samarinda Belum Penuhi Standar
24/4/2014 | http://www.sapos.co.id/
Lahan Bakal Dipangkas untuk RTH
21/4/2014 | http://www.radarlampung.co.id
Wajah Kota Makin Amburadul
21/4/2014 | http://www.radarlampung.co.id
Kadistako: Tetap Mengacu Perda RTRW

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611