Pengumuman
 Download File Cover Laporan Kegiatan 2014 (Info Lengkap Hub. Perpustaakaan DJPR 021-7221336)                         Jajaran dan Staf Direktorat Jenderal Penataan Ruang mengucapkan selamat dan sangat bangga atas terpilihnya Bapak DR. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat periode 2014-2019.                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 13 Maret 2012 | Perkotaan

Kota Hijau sebagai Metafora Kota Berkelanjutan

Kota Hijau adalah sebuah metafora yang berlandaskan penerapan prinsip-prinsip pembangunan kota yang berkelanjutan. Kementerian Pekerjaan Umum menginisiasi Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas ruang kota, sekaligus sebagai respon untuk meningkatkan ketahanan kota-kota terhadap perubahan iklim. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian PU Imam S. Ernawi menanggapi Pelaksanaan Kick-Off Program Pengembangan Kota Hijau 2012 yang diadakan secara serentak di Salatiga, Bandung, dan Sidoarjo sebagai penanda dimulainya kegiatan P2KH, di Jakarta (12/3).

Bupati Kabupaten Sidoarjo Syaiful Ilah mengungkapkan, dukungan dan konsistensi semua pihak terhadap penyelenggaraan kegiatan sesuai Rencana Aksi Kota Hijau (RAKH) sangat diperlukan agar segala tujuan yang telah ditetapkan dapat terwujud. Konsistensi tersebut hanya dapat tumbuh dengan adanya komitmen dari setiap kota/kabupaten peserta dalam mendukung P2KH ini. “Kita perlu senantiasa memberikan tanggapan positif terhadap setiap prakarsa yang muncul dalam perjalanan implementasi P2KH," imbuhnya.

P2KH merupakan program kolaboratif yang digerakkan oleh inisiatif utama dari pemerintah kabupaten/kota yang difasilitasi oleh Pemerintah Pusat dan dikoordinasikan oleh Pemerintah Provinsi. Kegiatan P2KH bergerak dengan basis paradigma kota berkelanjutan, mengacu pada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). P2KH merupakan aksi-aksi nyata pada skala kota/perkotaan dalam tahapan implementasi, yang tidak lain adalah langkah maju yang signifikan dalam perwujudan RTRW.

Berbagai rangkaian aksi berparadigma ‘hijau’ tersebut bukanlah suatu elemen yang saling terpisah melainkan sebuah entitas yang utuh, yang mencerminkan interaksi dinamis dari kedelapan atribut Kota Hijau, ujar Direktur Perkotaan Ditjen Penataan Ruang Joessair Lubis.
Lebih lanjut lubis mengatakan, untuk memfasilitasi pelaksanaan berbagai kegiatan P2KH secara optimal, anggaran dialokasikan dalam bingkai kegiatan Tugas Pembantuan. Demi menunjang kelancaran proses implementasi tersebut, telah disusun berbagai dokumen panduan pelaksanaan P2KH seperti petunjuk teknis, manual dan standar operasi kerja oleh Ditjen Penataan Ruang.(cae/nik)


Sumber : admintaru_130312


  BERITA DARI MEDIA
14/11/2014 | http://sinarharapan.co/
Pemerintah Didesak Tolak Revisi Tata Ruang Aceh
12/11/2014 | http://www.indopos.co.id/
Hari Tata Ruang, Momentum Keberlanjutan Kota
12/11/2014 | http://wartakota.tribunnews.com/
Pakar : Jakarta Perlu Tambah Ruang Terbuka Biru
11/11/2014 | http://news.bisnis.com/
Pendirian Perumahan Cluster Dan Apartemen Di Tangsel Tanpa Landasan
8/11/2014 | http://warta-andalas.com/
Di Depan Menteri PU, Wako Riza Tandatangani Piagam Kota Hijau

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2014
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2014 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611, Email : datinpr@pu.go.id