Pengumuman
 Saksikan Celebrity on Vacation di Trans TV tanggal 30 Agustus 2014 Pukul 08.00 WIB bersama narasumber 1. Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc (Dirjen Penataan Ruang), 2. Ali Yusuf, S.Pt (Walikota Sawahlunto, Sumatera Barat), 3. Dr. H. Burhan Abdurahman, SH. MM (Ketua JKPI) dengan tema Kota Pusaka, Langkah Indonesia Membuka Mata Dunia                         Pengumuman Pemenang Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Download Buku Panduan Pelatihan Pelopor Madya Penataan Ruang Tahun 2014                         Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 6 Maret 2012 | Program

Perlu Adanya Gerakan Pelopor Penataan Ruang

Kegiatan sosialisasi terkait penataan ruang perlu digalakkan sejak dini khususnya kepada kalangan pelajar, karena pelajar merupakan agen perubahan atau pelopor pembangunan di masa depan. harus ada gerakan pelopor penataan ruang atau duta terpilih yang memiliki tugas menularkan “virus” penataan ruang kepada masyarakat luas sehingga isu penataan ruang dapat diinformasikan dari tingkatan terkecil di lingkungannya. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Penataan Ruang Imam S. Ernawi dalam Pembahasan Konsep Pembentukan Kader Pelopor Penataan Ruang dan Sosialisasi Nasional Penyelenggaraan Penataan Ruang di Jakarta (6/12).

Lebih lanjut Imam menjelaskan, kegiatan pembentukan Pelopor Penataan Ruang dan Sosialisasi Nasional harus melibatkan komitmen Pemerintah Daerah, dengan demikian kegiatan sosialisasi tidak hanya dari pusat tetapi ada peran dari daerah itu sendiri sehingga informasi sosialisasi dapat merata. Pembentukan pelopor ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas generasi muda serta, menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab terhadap penataan ruang. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah membentuk kader pelopor yang handal, kreatif, inovatif, peduli serta mampu menjadi katalisator program penataan ruang.

Rencananya pemilihan kader pelopor penataan ruang ini akan dilaksanakan melalui penyaringan peserta yakni siswa kelas sepuluh dari sekolah unggulan di 33 Provisi. Proses penyaringan dimulai dengan pengiriman karya tulis yang berkaitan dengan penataan ruang, seperti taman kota, transportasi publik, kota wisata, kota budaya, sanitasi dan permukiman, dari proses seleksi karya tulis tersebut akan dipilih calon kader penataan ruang yang akan mewakili masing-masing provisi kemudian akan diberikan pendidikan atau training selama seminggu dengan diberikan materi-matrei pengetahuan penataan ruang dan materi lain yang menunjang dalam membentuk karakter kader Penataan Ruang.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Penataan Ruang Wilayah II, Bahal Edison Naiborhu mengungkapkan harus ada daya tarik tersendiri untuk memancing calon kader penataan ruang, misalnya memberikan beasiswa bagi para kader terpilih sehingga dapat dijadikan motivasi bagi para calon peserta. “kader-kader pelopor penataan ruang ini dapat dijadikan modal kita dalam hal sosialisasi penataan ruang, kiranya misi tersebut juga merupakan tujuan dari pembinaan dn pengembangan kesadaran masyarakat terkait penyelenggaraan penataan ruang” ujar Bahal.

Terkait dengan sosialisasi nasional, pada tahun 2012 ini sosialisasi akan dilaksanakan di setiap provinsi dengan melibatkan unsur Satuan Kerja perangkat Daerah (SKPD). Sosialisasi dipusatkan di beberapa SMA/SMK terpilih di provinsi masing-masing. Tujuan kegiatan ini adalah terinformasinya penyelenggaraan penataan ruang kepada 600 (enam ratus) orang pelajar di 15 (lima belas) sekolah yang tersebar di 5 (lima) Kabupaten/ Kota. "Melalui rangkaian kegiatan tersebut diharapkan pula timbulnya kesadaran pelajar terhadap penyelenggaraan penataan ruang, sehingga munculnya inisiatif pelajar untuk mendukung pemberdayaan masyarakat menuju Kota Hijau," tutup Imam. (har)


Sumber : admintaru_060312


  BERITA DARI MEDIA
25/8/2014 | http://property.okezone.com/
Sawahlunto Dinobatkan Menjadi Kota Pusaka oleh KemenPU
27/8/2014 | http://www.sapos.co.id
Penataan Pulau Derawan Harus Diatur
25/8/2014 | http://jakarta.bisnis.com/
Tata Ruang & Infrastruktur Jadi Kendala Investasi di Bekasi
11/8/2014 | http://merantionline.com
Pengesahan RTRW Riau Sinyal Bagus Bagi Pansus RTRW Meranti
11/8/2014 | http://www.republika.co.id/
Gubernur Sebut Tata Ruang Kepri Ancam Investasi

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611