Pengumuman
 Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                         Download Cover Kegiatan 2013                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 13 Pebruari 2012 | Program

Review Renstra Untuk Tingkatkan Kinerja DJPR

Sejalan dengan perkembangan organisasi dan dinamika kebijakan pembangunan dewasa ini perlu dilakukan review terhadap dokumen Rencana Strategis Direktorat Jenderal Penataan Ruang (Renstra DJPR) 2010-2014. Renstra saat ini yang disusun pada tahun 2009 disahkan 2010 kurang sesuai. Dinilai dari sisi substansi maupun sasaran, sudah tidak sesuai untuk digunakan lagi. Oleh sebab itu diperlukan review Renstra untuk meningkatkan kinerja DJPR ke depan.Demikian diungkapkan Direktur Bina Program dan Kemitraan Kementerian Pekerjaan Umum Rido Matari Ichwan dalam Konsinyasi Kegiatan Review Renstra DJPR 2010-2014 di Jakarta (9/2).

Rido menambahkan, masing-masing individu harus mampu mengenali tugas dari masing-masing Direktorat sesuai dengan tugas fungsi dibawah misi DJPR, misi Kementerian PU dan Pemerintah. Pekerjaan dan tahapan pekerjaan yang sesuai misi Direktorat harus diperhatikan dan dipahami oleh masing-masing Direktorat. Kinerja dari Direktorat diukur dari produk yang dihasilkan sesuai dengan tugas fungsi masing-masing yang tentu saja tidak lepas dari anggaran.

Beberapa alasan mengapa Renstra perlu di-review, antara lain karena saat ini merupakan tahun ketiga dari 5 tahun ke-2 RPJMN sehingga perlu diadakan midterm review untuk melihat apakah rencana yang ada masih valid atau perlu penyesuaian. Alasan lainnya adalah perlu penyesuaian terhadap beberapa kebijakan baru pembangunan seperti Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia program Kota Hijau, Kota Pusaka, Pedesaan, dan program Reformasi Birokrasi, ujar Kasubdit Perencanaan Umum DJPR Doni J. Widiantono.

“Hasil evaluasi terhadap target pencapaian umumnya sudah memenuhi target yang ada untuk masing-masing output minimum 60 persen dari sasaran 5 tahun hingga 2014. Namun demikian perlu ada perubahan target output terkait dengan peningkatan anggaran yang terjadi. Usulan perubahan output tersebut perlu dibahas oleh masing-masing Direktorat yang lebih memahami kegiatannya masing-masing," tambahnya.

Selain itu, komponen untuk masing-masing output perlu dijabarkan lebih lanjut sebagai bagian dari Renstra masing-masing Direktorat (Eselon 2-red) sesuai ketentuan Pedoman Renstra Eselon I Kementerian Pekerjaan Umum yang telah disusun oleh Pusat Kajian Strategis (Pustra).

Kegiatan ini dihari oleh Kepala Bidang Strategi Pembangunan dan Kepala Sub Bidang Rencana Strategis Pustra, perwakilan Sekretariat Ditjen Penataan Ruang, Direktorat Bina program dan Kemitraan, Direktorat Perkotaan, Direktorat Penataan Ruang Wilayah Nasional, Direktorat Pembinaan Penataan Ruang Daerah Wilayah I, serta Direktorat Pembinaan Penataan Ruang Daerah Wilayah II. (wd/nik)


Sumber : admintaru_130212


  BERITA DARI MEDIA
21/4/2014 | http://www.radarlampung.co.id
Wajah Kota Makin Amburadul
21/4/2014 | http://www.radarlampung.co.id
Kadistako: Tetap Mengacu Perda RTRW
21/4/2014 | http://www.republika.co.id/
Kementerian PU Siapkan Rp 1,5 Miliar Per Hektare untuk RTH
14/4/2014 | http://www.indopos.co.id/
Harus Tunggu Rekomendasi Gubernur, Kadin Minta Pembangunan Diratakan
14/4/2014 | http://beritakotamakassar.com/
Dinas Tata Ruang akan Terapkan RTH ke Toko dan Mall

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611