Pengumuman
 Saksikan Celebrity on Vacation di Trans TV tanggal 30 Agustus 2014 Pukul 08.00 WIB bersama narasumber 1. Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc (Dirjen Penataan Ruang), 2. Ali Yusuf, S.Pt (Walikota Sawahlunto, Sumatera Barat), 3. Dr. H. Burhan Abdurahman, SH. MM (Ketua JKPI) dengan tema Kota Pusaka, Langkah Indonesia Membuka Mata Dunia                         Pengumuman Pemenang Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Download Buku Panduan Pelatihan Pelopor Madya Penataan Ruang Tahun 2014                         Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 25 Januari 2012 | Perkotaan

Arsitek Berperan Penting Dalam Pengembangan Infrastruktur Perkotaan

Arsitek miliki peran penting dalam pengembangan infrastruktur perkotaan. Antara lain dalam penyusunan Rencana Tata Ruang wilayah Kota, perancangan Rencana Detail Tata Ruang dan Rencana Tata Bangun dan Lingkungan serta menentukan arah perkembangan kota ke depan dari sisi lingkungan, sosial maupun ekonomi. Demikian diungkapkan Direktur Perkotaan Kementerian PU Joessair Lubis dalam Talkshow Architecture Archworx 2012 di Jakarta (21/1).

Ditambahkan Lubis, seringkali istilah arsitek diartikan secara sempit sebagai perancang bangunan semata. Padahal sesungguhnya arsitek juga memiliki peran sebagai perancang lingkungan binaan dan berkontribusi dalam mewujudkan kota yang nyaman, aman, produktif dan berkelanjutan.
Dalam kesempatan yang sama pakar perancangan kota ITB Prof. Danisworo mengatakan, sesungguhnya arsitek dianggap berperan dalam pembangunan perkotaan jika mampu mensejahterakan masyarakatnya. Peran arsitek Indonesia saat ini dihadapkan pada tantangan pembangunan perkotaan yang semakin berat, terlebih dengan hadirnya parameter perubahan iklim. "Arsitek dituntut untuk dapat merancang kota dengan pendekatan yang inovatif dan “out of the box”, pendekatan “business as usual” diyakini tidak akan kompatibel dengan skala persoalan yang dihadapi, seperti misalnya dalam hal penyediaan infrastruktur perkotaan," ujarnya.

Infrastruktur memiliki peran strategis dalam pembangunan perkotaan terutama dalam mendukung ekonomi, kehidupan sosial budaya masyarakat dan kelestarian lingkungan sehingga pengembangan infrastruktur perkotaan harus mengedepankan prinsip-prinsip keberlanjutan baik secara lingkungan, sosial dan ekonomi, imbuh Danisworo.

Menanggapi hal tersebut, Lubis menjelaskan bahwa salah satu metode yang dapat digunakan dalam rangka mengukur tingkat pembangunan suatu kota adalah dengan Cities Development Index (CDI). Metode ini memuat beberapa elemen misalnya terkait dengan keberadaan infrastruktur, persampahan, fasilitas umum seperti rumah sakit dan lain sebagainya termasuk juga melihat produktivitas suatu kota (Cities productivity).

Talkshow Archworx 2012 sendiri merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Architecture Workshop dan Expo yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas Bina Nusantara. Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang berbagi ilmu pengetahuan tentang arsitektur kepada masyarakat dan mahasiswa arsitektur se-Indonesia, khususnya Jakarta. (tfn/nik)


Sumber : admintaru_250112


  BERITA DARI MEDIA
27/8/2014 | http://www.sapos.co.id
Penataan Pulau Derawan Harus Diatur
25/8/2014 | http://jakarta.bisnis.com/
Tata Ruang & Infrastruktur Jadi Kendala Investasi di Bekasi
11/8/2014 | http://merantionline.com
Pengesahan RTRW Riau Sinyal Bagus Bagi Pansus RTRW Meranti
11/8/2014 | http://www.republika.co.id/
Gubernur Sebut Tata Ruang Kepri Ancam Investasi
11/8/2014 | http://beritakotamakassar.com/i
Pemkot Harus Peka dengan Perkembangan Kota

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611