Pengumuman
 Saksikan Celebrity on Vacation di Trans TV tanggal 30 Agustus 2014 Pukul 08.00 WIB bersama narasumber 1. Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc (Dirjen Penataan Ruang), 2. Ali Yusuf, S.Pt (Walikota Sawahlunto, Sumatera Barat), 3. Dr. H. Burhan Abdurahman, SH. MM (Ketua JKPI) dengan tema Kota Pusaka, Langkah Indonesia Membuka Mata Dunia                         Pengumuman Pemenang Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Download Buku Panduan Pelatihan Pelopor Madya Penataan Ruang Tahun 2014                         Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 11 Januari 2012 | Sekretariat

Menteri PU : Disiplin Kerja Harus Jadi Komitmen Pelaku Pembangunan Pusat dan Daerah

Upaya dalam meningkatkan disiplin kerja sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan harus menjadi komitmen semua pelaku pembangunan di Pusat dan Daerah. Disiplin kerja ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan penyerapan anggaran pada akhir tahun yang berpotensi menyebabkan menurunnya kualitas pekerjaan. Hal ini disampaikan oleh Menteri PU Djoko Kirmanto dalam Rapat Kerja (Raker) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dengan tema "Evaluasi Kinerja 2011 Untuk Peningkatan Kualitas Pelaksanaan Program 2012"di Sanur-Bali (10/1).

Menurut Djoko, Raker ini dapat menjadi momentum yang tepat mengevaluasi secara mendalam penyebab belum efektifnya penyerapan anggaran 2011. Disamping melakukan identifikasi kemungkinan untuk terjadi lagi pada tahun 2012, seperti dana blokir, proses multiyears contract, proses pinjaman luar negeri, proses lelang, penetapan KaSatker/Pejabat Pembuat Komitmen, kelangkaan aspal, pembayaran eskalasi, pembebasan lahan dan lain-lain.

Lebih lanjut, dalam Raker ini juga perlu disusun rencana pelelangan pekerjaan tahun 2012 yang lebih terukur sehingga dapat dimonitor progresnya, dan segera melaksanakan pelelangan sejak awal sehingga pelayanan fisik lebih memadai dan tidak tertumpu pada akhir tahun anggaran.

Di kesempatan ini, Menteri PU juga menekankan perlunya dilakukan upaya-upaya pemantauan yang lebih efektif dengan memperkuat mekanisme dan disiplin pelaporan dari semua kuasa pengguna anggaran melalui penggunaan e-monitoring, serta melakukan sosialisasi tentang pengaturan pelaksanaan pengadaan konstruksi dan jasa konstruksi serta kualifikasi penyediaan jasa konstruksi sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum No. 09/SE/M/2011 tanggal 3 Oktober 2011.

Gubernur Provinsi Bali Made Mangku Pastika di kesempatan yang sama menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan ke-PU-an. Diantaranya mengenai pertumbuhan penduduk di Bali yang dinilai sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan kemacetan lalu lintas. Sebagai solusi permasalahan lalu lintas ini, akan dibangun jalan di atas perairan dari Nusa Dua ke Benoa dan underpass di Simpang Dewa Ruci. "Tentunya solusi tersebut harus diimbangi dengan penggunaan kendaraan di jalanan sehingga permasalahan dapat terpecahkan," ujarnya.

Pemerintah pusat dan pemerintah daerah perlu melakukan koordinasi yang baik dalam rangka mewujudkan keterpaduan dan kelancaran pembangunan. Setelah diadakannya Raker ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja penyelenggaraan pembangunan tahun anggaran 2012 yang lebih cepat, efektif, dan berkualitas.

Raker ini dihadiri oleh 392 peserta yang berasal dari 14 provinsi di wilayah timur Indonesia, seperti Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Peserta Rapat Kerja yang hadir meliputi Kepala Balai Besar, Kepala Balai, Kepala Dinas Provinsi bidang PU, dan Kepala Satuan Kerja. (shn/nik)


Sumber : admintaru_110112


  BERITA DARI MEDIA
18/9/2014 | http://www.tribunnews.com
Jangan Mengeluh Banjir Jika Aturan Tata Ruang Terus Dilanggar
18/9/2014 | http://makassar.tribunnews.com
Penimbunan Laut Hambat Ranperda RTRW DPRD Makassar
13/9/2014 | http://manado.tribunnews.com
Sekda Bolsel Percepatan Raperda Tata Ruang
13/9/2014 | http://property.okezone.com
5 Tantangan Permasalahan Tata Ruang di Indonesia
12/9/2014 | http://www.republika.co.id/
Pemkot Depok Langgar Aturan Tata Ruang Kota

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611