Pengumuman
 Saksikan Celebrity on Vacation di Trans TV tanggal 30 Agustus 2014 Pukul 08.00 WIB bersama narasumber 1. Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc (Dirjen Penataan Ruang), 2. Ali Yusuf, S.Pt (Walikota Sawahlunto, Sumatera Barat), 3. Dr. H. Burhan Abdurahman, SH. MM (Ketua JKPI) dengan tema Kota Pusaka, Langkah Indonesia Membuka Mata Dunia                         Pengumuman Pemenang Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Download Buku Panduan Pelatihan Pelopor Madya Penataan Ruang Tahun 2014                         Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 23 Mei 2011 | Sekretariat

Pentingnya Tata Persuratan dan Pengelolaan Kearsipan di Ditjen Penataan Ruang

Masalah persuratan tidak bisa dianggap hal yang gampang khususnya dalam penggunaan di lembaga/organisasi pemerintah. Seperti halnya yang terjadi di Direktorat Jenderal (Ditjen) Penataan Ruang masih ditemukan administrasi tata persuratan yang belum mengikuti ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku, baik dalam hal penomoran (kodefikasi), pengiriman dan penyimpanan surat/memo dinas maupun pengarsipan surat/ memo dinas. Sekretaris Ditjen Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Ruchyat Deni Djakapermana mengatakan hal tersebut dalam Pelatihan Pembinaan Teknis Tata Persuratan dan Kearsipan Ditjen Penataan Ruang Tahun Anggaran 2011 di Bandung (19/5).

Ditambahkan Deni, masalah yang seringkali ditemukan adalah format surat maupun memo dinas yang dibuat tidak memenuhi substansi apa yang ingin disampaikan. Hal ini karena kurangnya pemahaman para petugas akan pelaksanaan tata persuratan yang berlaku di Kementerian PU.

Arsip sebagai bukti autentik penyelenggaraan Negara harus dijaga, dikelola dan dimiliki berdasarkan peraturan penyelenggaraan kearsipan nasional yang komperhensif dan terpadu. Sehingga arsip tersebut dapat disajikan sebagai bahan informasi pada saat dibutuhkan dikedepannya, papar Deni.

Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk membekali sumber daya manusia yang terkait dengan pekerjaan tata persuratan dan kearsipan agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai dalam bidang persuratan, administrasi serta pengelolaan arsip dengan baik dan benar. Terutama untuk menunjang Reformasi Birokrasi di bidang Tata Persuratan dan kearsipan, yang berbasis elektronis dengan mengedepankan teknologi informasi.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 18 Mei hingga 20 Mei 2011 dan menghadirkan narasumber dari Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum. Diikuti oleh 29 pegawai yang terdiri dari para Kasubag TU, Sekretaris Direktur, Sekretaris Sesditjen, Pegawai Sesditjen/TU dan staf professional di lingkungan Ditjen Penataan Ruang. (yv/nik)


Sumber : admintaru_230511


  BERITA DARI MEDIA
27/8/2014 | http://www.sapos.co.id
Penataan Pulau Derawan Harus Diatur
25/8/2014 | http://jakarta.bisnis.com/
Tata Ruang & Infrastruktur Jadi Kendala Investasi di Bekasi
11/8/2014 | http://merantionline.com
Pengesahan RTRW Riau Sinyal Bagus Bagi Pansus RTRW Meranti
11/8/2014 | http://www.republika.co.id/
Gubernur Sebut Tata Ruang Kepri Ancam Investasi
11/8/2014 | http://beritakotamakassar.com/i
Pemkot Harus Peka dengan Perkembangan Kota

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611