Pengumuman
 Download Buku Panduan Pelatihan Pelopor Madya Penataan Ruang Tahun 2014                         Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 13 Desember 2010 | Perkotaan

RTRW KOTA BINJAI MASUKI PROSES PEMBAHASAN TIM BKPRN

Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Binjai telah melewati proses pembahasan dalam tim Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN) di Jakarta (10/12).
“Sesuai dengan Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2010, Kota Binjai telah melakukan porsinya untuk segera menyelesaikan RTRW. Kami mengapresiasi semangat dan kerja kerasnya”, ungkap Joessair Lubis, Direktur Perkotaan Ditjen Penataan Ruang ketika membuka acara pembahasan substansi RTRW dalam forum BKPRN.
Dalam paparannya, Cipta - Sekretaris Bappeda Kota Binjai menyatakan bahwa tujuan penataan ruang Kota Binjai kedepannya adalah mewujudkan pemukiman skala besar, pusat perdagangan dan jasa regional, dan kota industri skala regional dan nasional yang aman, nyaman, berkelanjutan, produktif dengan pertumbuhan ekonomi tinggi dan meningkatnya kesejahteraan penduduk.

Kepala Bappeda Kota Binjai, Elyuzar menambahkan, salah satu kebijakan untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut adalah dengan mengembangkan pusat-pusat kegiatan pelayanan perkotaan secara terpadu untuk mendukung penetapan Binjai sebagai bagian dari Pusat Kegiatan Nasional (PKN) Mebidang-Ro. “Untuk itu perlu ada sinkronisasi dengan RTRWN, RTRWP, dan RTR Kawasan Strategis Nasional Mebidang-Ro, serta kebijakan wilayah yang berbatasan agar RTRW ini berjalan serasi”, ungkap Elyuzar.

Menanggapi hal tersebut, perwakilan dari pemerintah Kabupaten Langkat menegaskan bahwa selama proses persetujuan substansi RTRW Kota Binjai, pemerintah perbatasan terus bersama-sama meluruskan apa yang perlu disepakati bersama, seperti penentuan fungsi kawasan di perbatasan, lokasi TPA, jaringan energi, dan sebagainya. Secara prinsip, struktur ruang dan pola ruang Kota Binjai dengan Kabupaten Langkat saling berkaitan dan saling mendukung.


Salah satu rencana yang akan dilakukan adalah meningkatkan aksesibilitas kota. “Selain dengan rencana pengembangan jaringan jalan, aksesibilitas akan dicapai dengan pengembangan pelayanan angkutan kereta api, pelayanan angkutan umum dan sistem terminal terpadu”, jelas Cipta. Namun, semua rencana transportasi tersebut perlu mengindahkan peraturan dan kebijakan bidang perhubungan. Hal ini diamini perwakilan dari Kementerian Perhubungan.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kehutanan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian ESDM, Ditjen Bina Marga PU, dan Ditjen Cipta Karya PU. (pd/ibm)


Sumber : 13122010_admintaru


  BERITA DARI MEDIA
21/7/2014 | http://pekanbaru.tribunnews.com
Hari Ini Ranperda RTRW Pekanbaru Disahkan
18/7/2014 | http://analisadaily.com
Pembangunan Aceh Tanpa Konsep Tata Ruang
17/7/2014 | http://theglobejournal.com
KPHA Tuding Pemerintah Aceh Abaikan Konsep Tata Ruang
13/7/2014 | http://riauheadline.com
Proyek Jalan Poros Bagansiapiapi-Dumai Terkendala RTRW
13/7/2014 | http://riauheadline.com/
Pengesahan RTRW Riau Diserahkan ke Pemerintahan Baru

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611